23 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Islamic Center di Padang Pariaman Siap Dibangun
I

Kategori -

Lahan pembangunan Islamic Center di Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), telah bebas 100 persen dan siap dibangun.

“Sekarang sudah mulai pembersihan lahan seluas 10 hektar sesuai yang diminta oleh pemerintah pusat,” kata Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni di Pariaman, Rabu.

Menurutnya, pembangunan Islamic Center itu didukung penuh oleh masyarakat sekitar karena diyakini akan memberikan efek positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak yang bisa dilakukan masyarakat dengan adanya Islamic Center ini seperti berjualan hingga membuka usaha rumah makan,” ujarnya.

Bahkan, sebutnya, nilai jual tanah masyarakat di sekitar Islamic Center sudah mulai naik dari harga semula.

“Kami terus menyosialisasikan efek positif ini kepada masyarakat dan masyarakatpun memberikan dukungan penuh,” katanya.

Dia menjelaskan untuk pembangunan akan dibantu oleh Kementrian Agama melalui APBN sedangkan untuk jalan akan dibangun dengan APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Padang Pariaman.

“Saat menyerahkan sertifikat tanah kepada Mentri Agama telah ditandatangani kesepakatan antara Pemkab Padang Pariaman, Pemprov Sumbar dan Mentri Agama tentang sharing anggaran,” ujarnya.

Dalam kesepakatan itu, Pemkab Pariaman akan membangun jalan dua jalur dari Islamic Center hingga ke ruas jalan Padang ke Bukittinggi sepanjang 700 meter dan luas 30 meter.

Pemprov Sumbar akan membangun jalan dari pusat Islamic Center hingga ke Bandara Internasional Minangkabau(BIM).

“Jalan sepanjang 2,5 kilometer itu termasuk satu unit jembatan,” katanya.

Namun, menurut dia, jalan itu akan dibangun setelah Islamic Center selesai dibangun.

“Sayang kalau dibangun sekarang karena alat berat akan sering keluar masuk lokasi, tentu jalan akan cepat rusak,” tambahnya.

Wali Korong Kabun, Nagari Sungai Buluah Padang Pariaman, A. Eri Gunung di lokasi pembangunan mengatakan awalnya memang ada sedikit penolakan dari masyarakat.

Tetapi setelah dijelaskan oleh Pemkab Padang Pariaman, masyarakat paham dan bersedia menyerahkan lahannya.

“Sekarang pembangunan sudah bisa dimulai,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan proyek nasional dan provinsi sangat banyak yang dibangun di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kabupaten Padang Pariaman memiliki nilai strategis karena merupakan satelit dari ibu kota provinsi,” tambahnya.

Selain itu, Padang Pariaman menurutnya memiliki lahan yang luas dan relatif mudah dalam hal pembebasan lahan.

“Masyarakat Padang Pariaman sangat antusias untuk membangun daerahnya, meskipun harus bersedia menyerahkan tanah. Pemprov sangat mengapresiasi hal itu,” katanya.

Ditambah lagi, menurut dia, Padang Pariaman memiliki Bandar Udara Internasional Minangkabau yang menjadi pintu masuk ke Sumbar.

 

Sumber: Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -