30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Islamic Center di Padang Pariaman Siap Dibangun
I

Kategori -

Lahan pembangunan Islamic Center di Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), telah bebas 100 persen dan siap dibangun.

“Sekarang sudah mulai pembersihan lahan seluas 10 hektar sesuai yang diminta oleh pemerintah pusat,” kata Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni di Pariaman, Rabu.

Menurutnya, pembangunan Islamic Center itu didukung penuh oleh masyarakat sekitar karena diyakini akan memberikan efek positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak yang bisa dilakukan masyarakat dengan adanya Islamic Center ini seperti berjualan hingga membuka usaha rumah makan,” ujarnya.

Bahkan, sebutnya, nilai jual tanah masyarakat di sekitar Islamic Center sudah mulai naik dari harga semula.

“Kami terus menyosialisasikan efek positif ini kepada masyarakat dan masyarakatpun memberikan dukungan penuh,” katanya.

Dia menjelaskan untuk pembangunan akan dibantu oleh Kementrian Agama melalui APBN sedangkan untuk jalan akan dibangun dengan APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Padang Pariaman.

“Saat menyerahkan sertifikat tanah kepada Mentri Agama telah ditandatangani kesepakatan antara Pemkab Padang Pariaman, Pemprov Sumbar dan Mentri Agama tentang sharing anggaran,” ujarnya.

Dalam kesepakatan itu, Pemkab Pariaman akan membangun jalan dua jalur dari Islamic Center hingga ke ruas jalan Padang ke Bukittinggi sepanjang 700 meter dan luas 30 meter.

Pemprov Sumbar akan membangun jalan dari pusat Islamic Center hingga ke Bandara Internasional Minangkabau(BIM).

“Jalan sepanjang 2,5 kilometer itu termasuk satu unit jembatan,” katanya.

Namun, menurut dia, jalan itu akan dibangun setelah Islamic Center selesai dibangun.

“Sayang kalau dibangun sekarang karena alat berat akan sering keluar masuk lokasi, tentu jalan akan cepat rusak,” tambahnya.

Wali Korong Kabun, Nagari Sungai Buluah Padang Pariaman, A. Eri Gunung di lokasi pembangunan mengatakan awalnya memang ada sedikit penolakan dari masyarakat.

Tetapi setelah dijelaskan oleh Pemkab Padang Pariaman, masyarakat paham dan bersedia menyerahkan lahannya.

“Sekarang pembangunan sudah bisa dimulai,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan proyek nasional dan provinsi sangat banyak yang dibangun di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kabupaten Padang Pariaman memiliki nilai strategis karena merupakan satelit dari ibu kota provinsi,” tambahnya.

Selain itu, Padang Pariaman menurutnya memiliki lahan yang luas dan relatif mudah dalam hal pembebasan lahan.

“Masyarakat Padang Pariaman sangat antusias untuk membangun daerahnya, meskipun harus bersedia menyerahkan tanah. Pemprov sangat mengapresiasi hal itu,” katanya.

Ditambah lagi, menurut dia, Padang Pariaman memiliki Bandar Udara Internasional Minangkabau yang menjadi pintu masuk ke Sumbar.

 

Sumber: Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -