24 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Subuh Berjama’ah Jangan Ramai Waktu Lomba LDS Saja
S

Kategori -
- Advertisement -

Taman Pendidikan Alqur’an (TPA)  Ikhlas Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Wakil Kota Payakumbuh dalam Lomba  Lembaga Didikan Subuh (LDS) Tergiat Tingkat Provinsi Sumatera Barat, 2014, dikunjungi tim penilai provinsi, Minggu (11/5).

Tim dipimpin Dr. Muchlis Bahar bersama lima anggotanya, sebelum melakukan penilaian, ikut shalat subuh berjemaah dengan murid TPA dan Walikota Riza Falepi, Sekdako H. Benni Warlis, Asisten II Setdako Drs. H. Amriul, Kepala Kantor Kemenag H. Salman K. Memed, Ketua MUI diwakili H. Herman Ali, Ketua LDS Payakumbuh Yusral Fuadi, Camat Payakumbuh Barat Nurdal, dan Kabag Kesra Yonrefli, S.Sos, M.PPE serta jemaah dan lurah setempat

Shalat subuh berjemaah, dikatakan, ketua tim penilai Muchlis, bagian dari penilaian. Dampak dari lomba ini, memotivasi orang tua bersama putera-puterinya meramaikan masjid atau mushalla, shalat berjemaah dari subuh hingga Isya. Kita tak ingin, subuh berjemaah di masjid/mushalla, hanya ramai ketika mau lomba saja. Habis lomba, masjid dan mushalla kembali sepi dari kegiatan shalat berjemaah.

Lomba LDS Tergiat, tambahnya, diharapkan menambah semangat pengurus LDS kota dan kecamatan, serta seluruh pengurus TPA, menggairahkan kegiatan pendidikan baca Alqur’an diseluruh kelurahan. Harapan tim penilai itu, seperti disampaikan Walikota Riza Falepi, dalam sambutannya, juga sudah paralel dengan visi dan misi kota ini.

Untuk menggairahkan warga, orang tua dan anak-anak membaca Alqur’an, sudah dilakukan dengan bebagai program. Mulai dari magrib mengaji yang dicetuskan Kementerian Agama, sampai kepada menghafal Alqur’an sebelum jam belajar dimulai. “Seluruh sekolah di Payakumbuh sudah mengaplikasikan kegiatan menghafal Alqur’an itu,” sebut Walikota.

Giat membaca Alqur’an, kata ketua tim dan Walikota, akan membentuk karakter  pelajar serta mampu melahirkan pelajar yang berakhlak mulia. Karena itu,  TPA-TPA di kota ini, diharapkan saling berlomba, melakukan kegiatan paket LDS. Sehingga,  nantinya seluruh kegiatan LDS bakal menjadi budaya bagi pelajar dan bias kepada keluarga yang bersangkutan dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur  penilaian Lomba LDS, meliputi paket didikan subuh,  seperti pembacaan Ikrar didikan subuh, pembawa acara,  pembacaan ayat-ayat pendek dan penyelenggaraan shalat jenazah, selain  kelengkapan administrasi LDS.

Dalam lomba LDS ini, Payakumbuh beberapa kali mencatat prestasi terbaik di tingkat provinsi.  Di antaranya,  tahun 2011,  juara pertama  yang diukir  LDS Istiqlal Labuh Basilang Payakumbuh Barat. Kemudian, tahun 2013,  terbaik II saat  diwakili TPA Al-Hidayah Kubang Gajah Kelurahan Limbukan,  Payakumbuh Selatan. Tahun ini,  mudah-mudahan Payakumbuh kembali mendulang prestasi terbaik di Sumatera Barat, ungkap Kabag Kesra  Yonrefli.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img