30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Disdik Payakumbuh Siapakan 70 Pelajar Latihan Paskibra
D

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 70 pelajar dari berbagai SLTA di Kota Payakumbuh, lolos seleksi untuk menjadi anggota Pasukan Penggerak Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Payakumbuh 2014.  Untuk memilih 70 siswa terbaik dan berbakat menjadi Paskibraka itu, Dinas Pendidikan kota ini, menyeleksi 250 siswa SLTA, di GOR Kubu Gadang Payakumbuh, April lalu.  Sementara itu, lima pelajar Payakumbuh lolos seleksi Paskibraka Provinsi Sumbar dan dua diantaranya masuk nominasi Paskibraka Nasional.

Kelima siswa yang lolos ke tingkat provinsi itu, masing-masing Siti Dea Ramadhani,  Pride Ouner, Aulia Rahma (SMAN 1), Sheren Laksia (SMAN 2) dan Azanda Aflan As-Syakiri (SMA Islam Terpadu).  Dari lima nama ini, dua diantaranya, Siti Dea Ramadhani dan   Pride Owner, masuk nominasi Paskibraka Nasional. Jika keduanya gagal, tetap masuk tim Paskibraka Provinsi Sumbar.

Keterangan Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh Hasan Basri Sy, S.Pd, di Payakumbuh, Minggu (11/5), peminat untuk menjadi anggota Paskibraka ini cukup banyak. Seluruh SMA/SMK/MA negeri dan swasta, saling berlomba mengirim siswanya untuk seleksi ini. Hanya saja, karena keterbatasan quota, Dinas Pendidikan harus memilih 70 pelajar terbaik dari yang baik, katanya.

Kegiatan latihan Paskibraka itu, dikatakan, sudah dimulai sejak Sabtu (10/5), di bawah pengawasan pelatih kepala Serma Aidal dari Kodim 0306/50 Kota, dibantu 6 asisten pelatih, masing-masing  Serka Ifnusril dari Kodim 0306/50 Kota, Brigadir Syafi Vendra. J dan  Briptu Surya Berlianto dari Polresta Payakumbuh. Kemudian,  Panca Budi Satria,   Erizal Sandi dan Ansari Rizal dari Persatuan Paskibraka Indonesia (PPI)  Payakumbuh. Latihan akan berlangsung hingga mereka dikukuhkan sebagai Paskibraka,  sehari  menjelang peringatan HUT RI ke-69, 17 Agustus 2014.

Menurut pelatih Paskibraka Serma Aidal, dari 70 siswa terbaik itu, nantinya akan tersisih sebanyak 16 siswa, masing-masing 8 putera dan 8 puteri. Sisanya, 54 siswa, 27 putera dan 27 puteri, akan menjadi pasukan inti Paskibraka Payakumbuh Tahun 2014. Penetapan 54 Paskibraka, benar-benar selektif. “Kita jajaran pelatih  tidak akan menerima nama-nama titipan dari kalangan pejabat tertentu,” tegas Aidal.

Nama-nama 70 Paskibraka yang menjalani latihan itu, Ezzy Suhatril, Bagas Rizky Guspi, Lukman F, Rizki Efendi, M. Al-Hafiez, Fajar Pratama,  Gerri Kurnia Dichi, Annisa AA, Bunga M.W, Suci Prima Putri, Aydillah Fitri, Afifah Suryani, Amirah Syadza, Nurul Aini H, Putti Anisa, Isra Muthia Azmi, Asri Mairiska dan Irfandi Raja (SMAN 1). Kemudian, Nadya Rizki, Safira Lidia, Kirana AK, Raysa Mayasonda, Syarifah Aini, Asri Auliani, M. Irsyad, Syukri Ananda, Gilang Rizky, M. Agung Pratomo, Irfan Halim M, Arif Zuanda, Asmahan Yolanda dan Mella Wahyuni  (SMAN 2).

Berikutnya, dari SMAN 3, meliputi Igo Yulanda, Alvin Surya, Eron Ibsahul, Naufal Fawas, Yumni Amanda, Nela Gusti Ardian, Silvina Dwi Putri, Ariska Febrianti, Nafsiah, Boni Mahendra dan Debi Divta W. Dari SMAN 5 Afdal Halim dan Debi Firdantara. Dari SMKN 1 Rafika Yulianti, Fatimah A, Ikhwanul Fitri dan Foni Mailita. Dari SMKN 2, Wahyu Ridha Tullah, Abdi Sa’ad dan Wahyu Setiono. Dari MAN 2, Khuzairi, Mulyadi dan  Fikri Haikal.  Selanjutnya,  Livia Asri, M. Fadel dan Pebi Fadilah (SMAN 4), M. Fauzan (SMK Mitra), Laila rahmi (MAN 1), M. Rizki (SMA IT), Yolindi dan Yola Oktavia (SMK 2 Kosgogoro)  dan Oriza Satifa (SMA RJ).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img