25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Songsong IORA, Pemko Padang Fokus Penertiban Kawasan
S

Kategori -

Padang – Selaku tuan rumah kegiatan Indian Ocean Rim Association (IORA) pada 20 -23 Oktober mendatang, Pemerintah Kota Padang akan fokus pada penertiban beberapa kawasan. Terutama penertiban terhadap PKL di kawasan Pantai Padang yang akan dipindahkan ke Lapau Panjang Cimpago (LPC).

Hal itu diungkapkan Walikota Padang diwakili Asisten Pemerintahan Vidal Triza usai penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Senin (12/10).

“Dalam waktu dekat kita akan fokus pada penertiban beberapa kawasan dalam menghadapi IORA, terutama kawasan Pantai Padang. Secepatnya PKL yang ada di bibir pantai akan dipindahkan ke LPC,” sebutnya.

Menurut Vidal, Satpol PP dan Linmas adalah aparatur terdepan dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang diharapkan dapat mewujudkan ketertiban. Terlebih dalam waktu dekat, Kota Padang akan menjadi tuan rumah kegiatan IORA. “Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan mewujudkan ketertiban dan kenyamanan bagi setiap tamu yang hadir,” tambahnya.

Dengan pendidikan yang sudah ditempuh oleh 90 anggota Satpol PP dan Linmas selama 30 hari, Vidal berharap personil yang sudah dididik ini akan menjadi kekuatan untuk kinerja yang lebih maksimal.

“Disamping itu, terkait menghadapi Pemilihan Gubernur Sumatera Barat Satpol PP dan Linmas diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif,” imbuhnya.

Kasat Pol PP Kota Padang Firdaus Ilyas menambahkan, pendidikan dasar kepada personil Pol PP adalah untuk peningkatan kedisiplinan serta pembekalan-pembekalan ketrampilan dasar lainnya. “Setelah menempuh pendidikan, kita harapkan personil yang sudah menempuh Diksar ini akan lebih memahami tugas poko dan fungsinya,” kata Firdaus.

Lebih lanjut dikatakan, Satpol PP dalam setiap operasi harus mengedepankan sikap-sikap persuasif sehingga mendapatkan simpati masyarakat. “Kita tidak boleh bertindak arogan apalagi yang tidak sesuai aturan,” kata Firdaus.

Terkait jumlah personil Satpol PP Kota Padang saat ini Firdaus menyebutkan masih belum ideal. “Jumlah idealnya 600 orang, sedangkan saat ini baru sekitar 400-an,”tukunya.

Pada kesempatan ini, peserta Diksar diberikan sertifikat dan hasil nilai yang diperoleh selama pendidikan. Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Asisten Pemerintahan didampingi Kepala SPN Padang Besi serta para instruktur dari lembaga pendidikan kepolisian tersebut. (DU)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -