25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Songsong IORA, Pemko Padang Fokus Penertiban Kawasan
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Selaku tuan rumah kegiatan Indian Ocean Rim Association (IORA) pada 20 -23 Oktober mendatang, Pemerintah Kota Padang akan fokus pada penertiban beberapa kawasan. Terutama penertiban terhadap PKL di kawasan Pantai Padang yang akan dipindahkan ke Lapau Panjang Cimpago (LPC).

Hal itu diungkapkan Walikota Padang diwakili Asisten Pemerintahan Vidal Triza usai penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Senin (12/10).

“Dalam waktu dekat kita akan fokus pada penertiban beberapa kawasan dalam menghadapi IORA, terutama kawasan Pantai Padang. Secepatnya PKL yang ada di bibir pantai akan dipindahkan ke LPC,” sebutnya.

Menurut Vidal, Satpol PP dan Linmas adalah aparatur terdepan dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang diharapkan dapat mewujudkan ketertiban. Terlebih dalam waktu dekat, Kota Padang akan menjadi tuan rumah kegiatan IORA. “Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan mewujudkan ketertiban dan kenyamanan bagi setiap tamu yang hadir,” tambahnya.

Dengan pendidikan yang sudah ditempuh oleh 90 anggota Satpol PP dan Linmas selama 30 hari, Vidal berharap personil yang sudah dididik ini akan menjadi kekuatan untuk kinerja yang lebih maksimal.

“Disamping itu, terkait menghadapi Pemilihan Gubernur Sumatera Barat Satpol PP dan Linmas diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif,” imbuhnya.

Kasat Pol PP Kota Padang Firdaus Ilyas menambahkan, pendidikan dasar kepada personil Pol PP adalah untuk peningkatan kedisiplinan serta pembekalan-pembekalan ketrampilan dasar lainnya. “Setelah menempuh pendidikan, kita harapkan personil yang sudah menempuh Diksar ini akan lebih memahami tugas poko dan fungsinya,” kata Firdaus.

Lebih lanjut dikatakan, Satpol PP dalam setiap operasi harus mengedepankan sikap-sikap persuasif sehingga mendapatkan simpati masyarakat. “Kita tidak boleh bertindak arogan apalagi yang tidak sesuai aturan,” kata Firdaus.

Terkait jumlah personil Satpol PP Kota Padang saat ini Firdaus menyebutkan masih belum ideal. “Jumlah idealnya 600 orang, sedangkan saat ini baru sekitar 400-an,”tukunya.

Pada kesempatan ini, peserta Diksar diberikan sertifikat dan hasil nilai yang diperoleh selama pendidikan. Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Asisten Pemerintahan didampingi Kepala SPN Padang Besi serta para instruktur dari lembaga pendidikan kepolisian tersebut. (DU)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img