25.7 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

SISSCa 2020 Masuk Top 100 Wonderful Event Kemenparekraf
S

Kategori -

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Perhelatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2020 masuk dalam Top 100 Wonderful Event versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dengan itu, maka SISSCa memperoleh keberuntungan yakni penyelenggaraannya dibantu oleh Kemenparekraf.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan bahwa SISSCa 2020 berhasil diselenggarakan berkat dukungan dan bantuan dari Kemenparekraf ini. Sebab jika hanya mengandalkan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maka SISSCa nyaris dibatalkan penyelenggaraannya.

“Menimbang pada keterbatasan anggaran kita, ditambah lagi dengan munculnya pandemi Covid – 19 di tahun ini yang menambah minimnya anggaran kita maka memang SISSCa ini sempat kita ragukan bisa kita gelar kembali. Namun Alhamdulillah berkat penyelenggaraan SISSCa tahun dulu (2019) yang berhasil sukses, itu mendapat apresiasi Top 100 Wonderful Event dari Kemenparekraf sehingga tahun ini kita dibantu anggaran untuk penyelenggaraannya,” ujar Walikota Deri Asta, Minggu 29 November 2020 di Museum Goedang Ransoem.

Karena diselenggarakan pada masa New Normal pandemi Covid – 19, maka penyelenggaraan SISSCa 2020 disesuaikan dengan protokol kesehatan. Untuk penonton tidak diundang ke lokasi acara, namun diberikan tayangan melalui Zoom Meeting Online dan live streaming di akun media social Facebook, Instagram dan Youtube.

“Untuk peserta dan panitia itu sesuai protokol kesehatan, wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Untuk mencegah keramaian, maka yang mendapat akses masuk ke lokasi acara hanya peserta, panitia dan fotografer. Untuk penonton, dipersilahkan menyaksikan melalui Zoom Meeting maupun tayangan live streaming,” kata Walikota Deri Asta.

Kemudian, upaya lain agar mengurangi kepadatan peserta dan panitia di lokasi acara, maka untuk penyelenggaraan karnaval diselenggarakan di 3 lokasi berbeda. Yakni di Museum Goedang Ransoem, Camping Ground Kandih dan Batu Runciang Silungkang.

Rangkaian SISSCa 2020 dimulai pada Sabtu 28 November 2020 kemaren, yakni dengan Konferensi Songket Nusantara dan Pameran Songket Nusantara di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK). Sementara Minggu 29 November 2020 tadi, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah karnaval Songket Silungkang.

“Pada besok malam, Senin 30 November 2020 itu kita selenggarakan modelling contest atau peragaan busana (fashion show) Songket Silungkang sekaligus pengumuman pemenang,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Nova Erizon.

Sementara, Koordinator Pemasaran Regional 1 Area 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Taufik Nurhidayat menyebutkan Songket Silungkang telah menjelma menjadi media promosi efektif untuk pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Sawahlunto.

“Songket Silungkang ini memiliki kekayaan nilai historis dan kultural yang luar biasa. Inilah yang menjadi keunggulan dari Songket Silungkang. Kita dari Kemenparekraf, selain dengan membantu penyelenggaraan iven, juga siap membantu promosi,” kata Taufik Nurhidayat. (Beni M)

Tayang Bersama DMagek.ID

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Rutan Kelas IIB kota Sawahlunto terus membuktikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya renovasi di Lapas tersebut di tahun 2021 ini, dengan menggunakan anggaran perawatan sumber anggaran DIPA Tahun 2021.

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan 'kado' yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi - inovasi di Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.
- Advertisement -