24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Sijunjung Pesta Budaya dan Olah Raga
S

Kategori -

Padang, BeritaSumbar.com – Sijunjung kembali membuktikan kalau daerah tersebut merupakan daerah wisata dan adat.

Pembuktian tersebut melalui sebuah event arung jeram bertajuk, Silokek Geofest Rafting Word Cup 2019, yang akan diselenggarakan 10-14 November 2019.

Adapun daerah yang akan diperkenalkan pada dunia yakni Batang Kuantan Silokek Geopart dan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Ketua panitia atau Event Director Miya Maharani..yang juga Sekretaris Umum Federasi Arung Jeram Indonesia ( FAJI) Sumbar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kalender kegiatan International Rafting Federatiaon (IRF), yang merupakan sebuah kehormatan bisa mendapatkannya, karena ini kegiatan rutin kejuaraan Internasional setiap tahun.

Meskipun sampai Lunching, Kamis (31/10) peserta yang baru mendaftar 50 team dari 13 provinsi dan 2 negara, dengan jumlah peserta 250 orang, oficial 75 orang dan lebih 100 orang team medik.

Kegiatan ini juga diisi dengan festival kopi internasional, dimana pola pengelolaanya melalui cara tertentu juga bazar dan banyak kegiatan lainnya.

Mendukung pernyataan Miya, Ketua FAJI Sumbar Muhammad Zuhrizul, mengatakan dengan kegiatan internasional ini bisa mengangkat potensi yang ada.

“Kegiatan ini merupakan potensi besar, dimana kondisi wisata ini akan viral dibelahan dunia, apalagi para peserta akan diinapkan pada rumah gadang, yang juga baru kali ini ada di Dunia,” ulas Zuhrizul.

Ditambahkannya, rasa salut untuk Pemkab Sijunjung, dimana Bupati Yuswir Arifin dan Sekda Zefnihan sangat respon terhadap tawaran FAJI.

“Begitu kami menawarkan event ini, pak bupati dan sekda langsung respon dan memerintahkan semua SKPD dan menggubungi stakeholder yang ada untuk bisa membantu dan bergerak,” tambahnya lagi.

Apa yang disampaikan Zuhrizul dipertegas pula oleh Bupati Sijjunjung Yusir Arifin, dimana ini merupakan kejutan,karena Silokek Giopart baru 1 tahun diresmikan, namun sudah mendapat kepercayaan dunia untuk dikunjungi.

“Kami kaget karena baru 1 tahun diresmikan mentri Pariwisata, Silokek sudah menjadi alternatif wisata dunia, khususnya dalam event arung jeram,” ungkap Yuswir.

Yuswir juga menambahkan, dengan adanya event ini, tentunya akan menambah minat orang untuk berwisata ke Silokek, maka tingkat perekonomian masyarakat juga akan meningkat.

Agar wisatawan tidak merasa takut untuk mengunjungi Silokek dan kampung adat, masyarakat tidak boleh lagi mepakukan penambanga disekitar aliran sungai.

“Agar sungainya jernih akan dibuat pertigaan yang dananya berasal dari APBN, dan siapapun tidak boleh lagi menambang batu-batuan dan lainnya,” tegas Yuswir lagi.

Diyakini Yuswir, Silokek Geofest Rafting Word Cup bukan hanya untuk gagah-gahan semata, akan tetapi lebih penting menjadi tempat pembelajaran adat serta belajar bagaimana mempertahankan alam.

“Target kita bukan untuk sementara, tapi untuk jangka panjang dimana kita sudah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi,” tukuk Yuswir.

Ditambahkan Sekda, dimana para penambang akan diarahakan menjadi pemandu wisata, sehinga mereka mendapatkan usaha baru tanpa merusak lingkungan.

“Kita jadikan masyarakat sadar wisata, mengarahkan pada kegiatan lain berupa pemandu wisata dan pedagang serta penginapan tradisinal,” tambahnya mengakhiri. (Nov)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

49 Orang Petugas Lapas Sijunjung Di Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sebanyak 49 ( Empat Puluh Sembilan ) orang petugas Lembaga Permasyarakatan ( Lapas) kelas ll B Muaro Sijunjung di vaksin covid-19, pada Senin (5/4). Kepala Lapas Muaro Sijunjung B.O.Situngkir mengatakan seharus ada 51 orang pegawai Lapas yang harus di vaksin, tapi yang 2 ( dua) orang lagi cuti. Pada pelaksanaan vaksin di lapas juga ada dari anggota Polres Sijunjung.
- Advertisement -