25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sijago Merah Lahap 2 Unit Rumah Di Suayan Randah
S

- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kebakaran habiskan rumah gadang (rumah adat) dan rumah permanen milik dua kakak beradik,Sainar (70) dan roslaini (65) warga Jorong Suayan randah Nagari Suayan kecamatan Akabiluru Limapuluh Kota pada Jumat 2/2 sekitar jam 11.25 wib.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran, namun kedua unit rumah beserta isinya tak berhasil diselamatkan. Awalnya warga tidak mengetahui api mulai menyala disalah satu dari dua rumah yang terbakar. Asap mengepul dari rumah yang berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama tersebut.

                          foto GWA

Warga sebelumnya menduga asap dari api pembakaran sampah. Namun saat asap kian tebal, warga mulai memastikannya, ternyata asap berasal dari satu unit rumah. Tak hanya asap, kobaran api sudah menyala di salah satu rumah.
Warga sekitar yang kaget melihat kejadian ini langsung mengambil alat seadanya untuk membantu padamkan api.Sayang kondisi angin yang bertiup cukup kencang dan kondisi api yang sudah semakin membara membuat warga tidak sanggup memadamkan sijago merah tersebut. bahkan api begitu cepat menyambar rumah sebelah yang berada sangat dekat dengan rumah yang terbakar lebih awal ini.
Tidak lama 4 mobil damkar tiba di lokasi, sayang posisi rumah tidak bisa di jangkau lansung mobil damkar. Sehingga petugas pemadam menyambung slang air untuk bisa menyiram api yang sudah membesar.
Menurut keterangan salah seorang warga kepada awak media, Pemilik rumah sedang pergi kesawah. Tidak ada barang/isi rumah yang bisa di selamatkan, semua habis terbakar, ujar warga tersebut.
Kejadian tersebut dibenarkan Walinagari Suayan, Kecamatan Akabiluru, Limapuluh Kota, Zetrial. Satu rumah milik Sainar, ditinggal ke Jakarta oleh pemiliknya. Sementara rumah Roslaina juga tengah tak ada orang dirumah ditinggal kesawah. Kebakaran diketahui saat api sudah membakar satu rumah.
“Awalnya memang ada warga yang curiga ada yang terbakar, sayang tidak terlalu dipedulikan. Barulah saat terlihat api, warga mulai kaget. Rumahnya memang berjarak cukup jauh dari jalan utama yang bisa dilewati kendaraan. Dua rumah yang berdekatan ini, salahs atunya merupakan rumah gadang milik suku Bodi Datuak Panduko Simajo Nan Putiah,”ucap Walinagari Suayan, Zetrial, Jumat(2/2).
Belum diketahui sumber api penyebab kebakaran, saat ini petugas dari kepolisian sedang melakukan penyelidikan.”Kita belum bisa pastikan sumber api penyebab kebakaran. Sementara jumlah kerugian tengah didata. Sepertinya cukup besar, sebab tak ada yang bisa diselamatkan dari kedua rumah. Rumah ditinggal penghuninya saat terjadi kebakaran dalam kondisi terkunci,”terang Zetrial.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img