27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Serius Jadi Tuan Rumah IORA, Wako Temui Menlu Retno
S

Kategori -

[dropcap font=”0″]M[/dropcap]elalui upaya – upaya yang memakan waktu panjang, Pemerintah Kota Padang membuktikan keseriusan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara acara serah terima keketuaan The Indian Ocean Rim Association (IORA) pada Oktober – November 2015 mendatang. Terutama setelah mendapat dukungan dari seluruh stakeholders, baik dari Muspida, DPRD, Asosiasi pengusaha, maupun dari perguruan tinggi pasca pelaksanaan Workshop tentang IORA oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada 2014 lalu.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah menyampaikan kesiapan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Selasa (24/2).

Gayung bersambut, Menlu sangat merespon dengan baik langkah Pemko Padang dalam mempersiapkan diri selaku tuan rumah pertemuan tingkat tinggi yang bakal dihadiri utusan dari 20 negara tersebut.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Padang. Sepanjang pemberitaan yang kami ikuti, upaya yang telah dilakukan cukup maksimal dalam persiapan menghadapi KTT IORA,” ujar Menteri.

Ia juga berharap, pelaksanaan KTT IORA nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa gangguan apa – apa di Kota Padang.

“Selama ini kita ketahui Kota Padang cukup kondusif untuk pelaksanaan iven – iven besar. Mudah – mudahan dalam pelaksanaan KTT IORA nanti bisa tetap kondusif dan aman sehingga para tamu yang datang dari berbagai negara merasa nyaman berada di Padang,” ujar Menlu wanita pertama sepanjang sejarah Republik Indonesia tersebut.

Terpisah, Walikota Mahyeldi mengungkapkan, peran serta dan keterlibatan Kota Padang dalam IORA memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Tidak hanya untuk Kota Padang, namun juga untuk Sumatera Barat secara umum.

“Apabila Kota Padang berhasil menjadi tuan rumah iven bersejarah serah terima Ketua IORA dari Australia ke Indonesia, maka perhatian internasional akan tertuju ke Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat,” kata Mahyeldi.

Selain nilai prestise dan promosi yang tinggi, jelas Mahyeldi, dampak positif lainnya ialah terstimulasinya perekonomian, tidak hanya Kota Padang tapi juga Provinsi Sumatera Barat.

Selain dari peluang di bidang Pariwisata dari meningkatnya jumlah wisatawan, juga meningkatnya volume perdagangan dan investasi melalui upaya-upaya yang dilakukan melalui berbagai komponen IORA seperti Business Forum dan Working Groups of Trade and Investment, yang kegiatan-kegiatannya rutin diselenggarakan sepanjang tahun.

“Negara-Negara anggota IORA, fokus bekerjasama dalam berbagai agenda investasi dan perdagangan yang berlandaskan fasilitasi perdagangan, liberalisasi perdagangan serta kerjasama tehnis dan ekonomi,” jelasnya.

Adapun upaya untuk meraih supaya terselenggaranya iven ini di Kota Padang, Mahyeldi mengatakan, telah dimulai sejak 2014 dengan sosialisasi tentang IORA terkait dengan penanganan bencana. Acara ini dihadiri langsung oleh Dirjen Asia Pasific Afrika Kemenlu, Yuri Thamrin.

Kemudian, Januari 2015 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Padang mengadakan Seminar tentang Ekspor Rempah – Rempah dan kesiapan Pelindo (Pelabuhan Teluk Bayur) dalam menghadapi IORA, dihadiri semua stakeholders.

Pada 2 Februari 2015, Dinas Pertanian Peternakan Kehutanan dan Perkebunan Kota Padang mengadakan Seminar tentang tanaman – tanaman apa saja yang dibutuhkan oleh negara-negara anggota IORA, khususnya yang punya nilai ekonomi tinggi dan dihasilkan oleh Sumatera Barat seperti CPO, juga dihadiri oleh semua stakeholders.

Lalu, 3 Februari 2015 mengadakan lagi Seminar tentang IORA khusus terkait dengan Pendirian pabrik minyak goreng dan produk2 lain yg berorientasi ekspor langsung ke negara2 IORA, khususnya untuk tujuan negara-negara Afrika.

Universitas Andalas pada 9 Februari 2015 mengundang Dubes Iran dalam konteks perdagangan dengan konsep halal food serta IORA. “Sedangkan pada Maret 2015 akan ada Seminar oleh Program Studi Lautan Hindia oleh beberapa Perguruan Tinggi yg ada konsentrasi Lautan Hindia, seperti Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Bengkulu dan lain – lain,” tutup Mahyeldi.

 

Humas Kota Padang/du

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih Dari 2.500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini.

Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 27 sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini. Sarkofagus yang sudah...

Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki, BMKG Analisa Gempa Tektonik

Turki,  www.beritasumbar.com- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Provinsi Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Hanya saja badan bencana Pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9 poin dari...

Berdalih Karantina COVID-19, Migran Afrika Dibiarkan ‘Membusuk’ di Pusat Penahanan Arab Saudi

Salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi, menahan ratusan bahkan ribuan Migran Afrika dalam kondisi mengenaskan. Penahanan ini berdalih sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Mirisnya, kondisinya...

New Normal, 71 Putra Terbaik dari Berbagai Negara Diwisuda di Yaman

Wisuda atau upacara pengukuhan bagi orang-orang yang menempuh pendidikan merupakan salah satu momentum terpenting yang dinanti-nanti mahasiswa, sebagai tanda resmi selesainya masa pendidikan di...

Bahas Potensi Laut, Universitas Terengganu Malaysia Undang Pakar Maritim Dan Kelautan IPB

Malaysia -Prof Rokhmin Dahuri Pakar Maritim dan Kelautan dari IPB diundang secara khusus oleh Universitas Terengganu Malaysia. Rokhimin Dahuri diundang untuk membahas secara detail...

Muhammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Indonesia pantas berbangga dengan lahirnya ilmuwan muda yang berhasil menggoncangkan dunia lewat penemuannya yang spektakuler yakni, Obat Kulit Bagi Manusia dan Hewan Luar dan Dalam. Sang...

Catatan Professional Fellows on Demand: Religious Freedom & Interfaith Dialogue (1)

Dari sebuah sudut di kamar The Fairfax, sebuah hotel tua di Washington, DC yang berdiri sejak 1921, saya mendapatkan satu kalimat bagus, yang bunyinya...

5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Jumat (07/02) kemarin, SMART Ekselensia Indonesia (SMART) kedatangan tamu jauh dari seberang benua. Ya, lima orang tokoh muslim muda dari Australia berkunjung ke SMART....

Teknologi Digital adalah Kunci Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Davos, Swiss, 29 Januari 2019 – Luohan Academy – institut riset terbuka yang diinisiasi oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA) – merilis laporan...
- Advertisement -