29.2 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Sering Kebanjiran, Walikota Mahyeldi Cek Gorong-gorong di Lubeg

Padang – Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo terus merespon setiap keluhan warganya. Kali ini, orang nomor satu di Kota Padang itu turun ke Kecamatan Lubuak Bagaluang (Lubeg).

Kamis (17/12), Walikota Padang melakukan inspeksi medadak ke daerah tersebut. Mahyeldi mencek langsung tali bandar serta kondisi gorong-gorong di Penggambiran dan Batuang Taba.

Ini dilakukan Walikota setelah mendapat laporan atas keluhan warga yang selalu terendam banjir bila hujan tiba. Ditambah lagi kondisi jalan Bypass yang semakin tinggi dari pemukiman penduduk karena tengah dilakukannya pengerjaan dua jalur.

Bersama Camat Lubuak Bagaluang Ances Kurniawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Fatriarman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Mursalim, termasuk lurah di kedua tempat, Walikota berjalan kaki keluar masuk gang sempit. Walikota menelusuri setiap tali bandar yang berada di pemukiman warga Penggambiran dan Batuang Taba.

“Satinggi apo aia kalau banjir? (setinggi apa air kalau banjir?),” tanya Walikota kepada seorang warga.

“Kalau di siko katiko banjir masuak ka rumah. Aia satinggi lutuik, Pak (kalau di sini ketika banjir masuk ke rumah. Air setinggi lutut, Pak),” jawab ibu yang sedang menyuapi anaknya itu.

Saat turun ke kawasan Lubeg itu memang cukup banyak permasalahan yang ditemui. Walikota mendapati kondisi bandar dan gorong-gorong yang menyempit karena harus tergusur akibat dibangunnya rumah dan gang. Kondisi bandar yang tidak begitu dalam dan tidak lancarnya air akibat tersumbat juga menjadi perhatian Walikota.

“Daerah ini dulunya areal pertanian dan persawahan. Kini banyak bangunan dan menjadi pemukiman warga, otomatis bila terjadi hujan, air tidak terserap. Ditambah lagi terjadinya penyempitan gorong-gorong,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengakui bahwa penyebab terjadinya banjir di kawasan Lubeg selain penyempitan dan tidak lancarnya air di gorong-gorong, kondisi perumahan warga yang berada cukup rendah dari badan jalan juga menjadi penyebab banjir.

Agar banjir di kawasan ini teratasi, Walikota menyebut bahwa pihaknya akan segera bersinergi dengan pelaksana proyek pekerjaan Bypass. Sehingga nantinya gorong-gorong dapat menampung air bila hujan tiba dan warga tidak kebanjiran.

“Ini akan kita sinergikan bagaimana ketika pengerjaan Bypass, kita juga memperbaiki yang lain seperti gorong-gorong dan lainnya. Jangan hanya memanfaatkan bandar yang lama. Tetapi juga membangun yang baru. Camat agar segera mensinergikan dengan pelaksana proyek sehingga warga tidak lagi kebanjiran,” pungkas Walikota.(Charlie)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Forkopimda Sumbar Gelar Rakor Criminal Justice System Tentang Penerapan Perda AKB

Padang, - Guna menyamakan persepsi dalam menerapkan sanksi protokol kesehatan yang tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru, Forum Koordinasi...

UKPBJ Kabupaten Muko-Muko kunjungi Pemko Payakumbuh

Payakumbuh---Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) Kabupaten Muko-muko melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Payakumbuh khususnya UKPBJ Kota Payakumbuh dalam rangka Konsultasi tentang...

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...

Pjs Bupati Solsel Sidak Ke RSUD Muaro Labuah

Solok Selatan – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah di Muara...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -