26.4 C
Padang
Friday, October 23, 2020

Sering Dilanda Bencana, Indra Catri Sarankan Warga Jorong Pantas Bersedia Direlokasi

Agam,BeritaSumbar.com,-Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengaku prihatin atas bencana longsor yang melanda Jorong Pantas, Nagari Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (3/6) kemarin.
Akibat kejadian itu, selain memutus akses jalan salingka Danau Maninjau, 5 unit rumah warga juga ikut terdampak.
Usai menerima bantuan percepatan penanganan Covid-19, Indra Catri bersama satgas bencana BUMN Sumatera Barat langsung turun ke lokasi bencana, untuk melihat secara langsung kondisi wilayah itu, Kamis (4/6).
Dengan spontan, Indra Catri mengunjungi warga yang sedang membersihkan material longsor yang menimpa rumahnya. Bahkan ia mengajak warga terdampak untuk bersedia direlokasi.
“Untuk sementara, 2 dari 5 unit rumah yang terdampak bersedia direlokasi ke tempat lebih aman,” ujarnya.
Menurutnya, jika memang mereka bersedia untuk direlokasi, maka akan direlokasi ke Dama Gadang, karena stok tanah masih tersedia di lokasi tersebut.
“Stok tanah kita masih ada, tanpa ada bencana kalau ada masyarakat yang ingin pindah, akan kita tampung,” terangnya.
Untuk itu, Indra Catri menginstruksikan camat agar mendata warga yang bersedia direlokasi dan mengajukannya ke Satgas Bencana BUMN Sumbar. Sebab di wilayah itu rawan, bahkan hampir tiap bulan terjadi bencana.
Menyikapi hal ini, Koordinator wilayah satgas bencana BUMN Sumbar, Insan Kesuma menyebutkan, pihaknya masih melihat berapa kemungkinan rumah yang akan direlokasi.
“Nanti akan kita bicarakan dengan grup BUMN, sebab di Sumbar terdapat 50 BUMN yang tergabung dalam satgas bencana,” jelasnya.
Di kesempatan ini, satgas bencana BUMN juga menyalurkan masker kepada masyarakat dan paket sembako bagi korban bencana longsor itu.
Insan Kesuma berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga yang sedang dirundung bencana. Ia minta warga tabah menghadapi cobaan ini.(amc)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Delmansyah Siap Memenagkan Darma Tani Di Tanjung Emas

Tanah Datar, - Struktur tim pemenangan darma tani kecamatan Tanjung emas Tanah Datar Resmi dibentuk pada minggu ( 18/10/20) malam.

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...

TMMD Ke-109 Kodim 0311 Pessel usai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir

Pesisir Selatan,- Akses jalan menjadi momok besar bagi warga di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir...

Buayan Sayang Pak Kiai

Catatan kecil tentang KH Abdullah Syukri ZarkasyiOleh: A. Fuadi Saya seperti sekarang ini, antara lain karena pernah diayun-ayun di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Banto Royo, Berwisata Sambil Beramal

Kabupaten Agam - BANTO ROYO Kamang Kabupaten Agam Sumatera Barat, merupakan objek wisata fenomenal dengan ciri khas yang berbeda dari objek wisata...

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.
- Advertisement -