23 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sembilan Mahasiswa Unand Terpilih Jadi Peserta Program Bertani Untuk Negeri
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang, beritasumbar.com – Sembilan Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) lolos dalam seleksi ketat Program Bertani Untuk Negeri (BUN) yang diselenggarakan oleh Edufarmers Foundatain bekerja sama dengan Kemendikbudristekdikti. Program BUN 2021 merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan dan mengincar seluruh mahasiswa aktif jurusan peternakan dan kedokteran hewan di Indonesia.

Salah seorang peserta Kurnia Badyu Ilahi saat dihubungi, Minggu mengatakan kesembilan mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah, baik dalam maupun Sumbar.

Ia menyebutkan , dirinya yang dari Kabupaten Solok Selatan, Aleks dan Miftahul Jannah dari Kabupaten Pasaman, Retno Puspa Dharma dari Pariaman, Fanny Virya Akhni dari Padang, dan Windri Riansyah dari Kabupaten Pesisir Selatan. Sementara dari Luar Sumbar Muhammad Syarif Sitompul dari Kampar, Riau, Fauzan Affandy dari Pekanbaru, dan Putri Pandjaitan dari Medan Sumatera Utara.

Program BUN, katanya merupakan proram yang digagas oleh Edufarmers Foundatain yang mempertemukan generasi muda dengan petani dan peternak untuk bekerja dan belajar bersama mengembangkan sektor pertanian Indonesia. Program itu diharapkan dapat membantu menjawab masalah ketahanan pangan sekaligus menyiapkan lulusan yang siap terjun di dunia pertanian dan peternakan nantinya.

“Ada banyak kegiatan yang dilakukan, mulai dari bootcamp atau pelatihan sebagai bekal sebelum terjun kelapangan. Farm Experience yang dilaksanakan langsung dikandang internalnya Japfa yang tersebar do berbagai pelosok Jawa Timur,” katanya.

Ia mengatakan Yayasan Edufarmers Internasional (Japfa Foundatain) melalui program BUN hadir untuk menjawab persoalan pangan yang masih menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) di dunia dan di Indonesia. Program BUN diharapkan mampu berkontribusi dalam menjawab tantangan global tersebut. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya yang melibatkan para alumni terbaik se-Indonesia.

“Kali ini BUN hadir kembali dengan berkolaborasi bersama perguruan tinggi terkait melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan merekrut mahasiswa terbaik dari berbagai universitas di Indonesia,” jelasnya.

Program ini bertujuan memobilisasi generasi muda masa depan Indonesia untuk bekerja sama dengan peternak untuk transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peternak rakyat dalam meningkatkan produktivitas pemeliharaan ayam broiler sehingga dapat meningkatkan penghasilannya.

Program BUN bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan peternak rakyat melalui peningkatan penghasilan yang disebabkan oleh peningkatan produktivitas kandangnya dan bagi peserta program yaitu mahasiswa aktif juga dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi kaum muda untuk semakin menyesuaikan tuntutan zaman modern sebagai profesional maupun wirausaha sebagai bekal buat lulusan nanti.

Program ini dimulai dari 6 September-Februari 2022 yang dimulai dengan sesi bootcamp peserta 6-26 September kemarin, dan dilanjutkan dengan Farm Experince yang berupa praktek kerja mulai dari 27 September-16 Oktober hingga selanjutnya dilepas langsung kelapangan untuk mendampingi peternak di berbagai pelosok di Jawa Timur. (Rel/Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img