24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Semakin Ramai, Kawasan Batang Agam Akan Dikelola Mandiri
S

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Pemerintah Kota Payakumbuh akan menyiapkan pengelolaan mandiri untuk kawasan Batang Agam (BWSS5) yang saat ini semakin ramai dikunjungi warga, Selasa (23/6).
Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi Wakil Wali Kota Erwin Yunaz didampingi oleh Asisten II Elzadaswarman, bersama Kadis PUPR Muslim, Kadis DISPARPORA Andiko Jumarel, Kadis Lingkungan Hidup Dafrul Pasi, Kadis Koperasi dan UKM Dahler dan Kasat PolPP Devitra, di Balaikota.
Wawako Erwin Yunaz mengatakan pengelolaan kawasan Batang Agam yang baik akan membuat sektor ekonomi di kawasan tersebut semakin bergeliat. Kawasan ini diciptakan pemerintah untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik-baiknya, pengelolaan yang baik akan membuat sektor ekonomi tumbuh pula.
Ditambahkan, selain pengelolaan tempat yang baik, pemerintah juga akan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor tersebut. Sarana publik yang tentunya menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Batang Agam.
“Meski akan banyak kegiatan, pengelolaan harus tetap memikirkan keseimbangan di daerah. InsyaAllah Batang Agam ini akan disiapkan pengelolaan mandirinya,” ujarnya.
Saat ini, pemerintah belum memberlakukan tarif masuk ke area Batang Agam, namun Pemko saat ini akan fokus agar masyarakat yang memanfaatkan kawasan tersebut dapat tertib.
“Kita mengelola penempatan dulu, seperti perilaku tertib bagi masyarakat. Sehingga kawasan ini akan selalu terjaga, seperti tidak menginjak rumput di taman, tidak buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai Batang Agam,” sebutnya.
Terkait ramainya kunjungan kawasan Batang Agam di era tatanan normal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC), Erwin Yunaz menyebutkan Pemko telah menyiapkan seluruh protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.
“Bagi masyarakat yang mengunjungi Batang Agam akan diwajibkan untuk menggunakan masker, jaga jarak, dan lainnya. Nantinya akan kita siapkan tempat-tempat cuci tangan,” ujarnya.
Sementara itu, Kasatpol PP Devitra menyampaikan tim satgas penegakan protokol kesehatan yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP terus gencar berpatroli melakukan pengawasan dan menindak tegas warga yang masih abai dengan aturan.
“Sanksi yang diberikan cukup beragam, pendekatan yang humanis dan mendidik kita harapkan dapat membuat masyarakat ikut patuh pada aturan saat ini,” ujarnya.
Kadisparpora Andiko Jumarel menyebut tidak hanya kawasan Batang Agam saja, kawasan wisata lainnya yang ada di Payakumbuh juga harus mengikuti protokol kesehatan.
“Segala sesuatu aturan ini sudah disiapkan oleh Dinas Pariwisata. Dan ini harus dijalankan, kita tidak ingin nantinya akan ada penambahan kasus positif Covid-19, terlebih saat ini Payakumbuh kasus sudah nol,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.
- Advertisement -