31 C
Padang
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Selangkah Lagi Penemu Cabe Kopay Juara Nasional
S

Kategori -
- Advertisement -

Selangkah lagi Ketua Kelompok Tani Tanjung Subur Kelurahan  Kotopanjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Syahrul Yondri, 45 tahun, akan memperoleh penghargaan kategori Pelopor Ketahanan Pangan (PKP) 2013 Nasioal.  Kementerian Pertanian RI mengutus tim penilai ke Payakumbuh, guna melakukan verifikasi   dari profil berupa CD dan data Keltan Tanjung Subur dalam membudidayakan Cabe Kopay .

Tim penilai  Pusat yang berkunjung ke Payakumbuh itu Ir. Ratna Kusuma Dewi dan Asti Mintokaras dari Badan Katahanan Pangan Pusat  didampingi  perwalikan dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat. Setelah diterima Walikota Payakumbuh diwakili Plt. Asisten II Setdako Marta Minanda, ST, MT, di Balaikota Payakumbuh, untuk selanjutnya tim langsung ke lapangan bersama Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh Ir. Syahril.

Penetapan  penghargaan Ketahanan Pangan itu, sebut Ratna Kusuma, sangat selektif. Kementerian Pertanian memberikannya kepada lima pemenang, di antaranya buat pemangku jabatan, pelopor dan pelaku usaha pertanian itu sendiri.  Dalam melakukan verifikasi  ke daerah, tim akan mewawancarai stakeholder terkait serta unsur masyarakat.

Terhadap Syahrul Yondri, sebagai pelopor  ketahanan pangan, apakah temuannya itu sudah bias kepada petani atau masyarakat sekitarnya, atau Payakumbuh pada umumnya, sangat menentukan penilaian. Sukses Syahrul Yondri itu, harus berdampak kepada petani sekitarnya, bukan hanya milik yang bersangkutan sendiri, tegasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img