25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Sebelum Lebaran Haji, Pemko Padang Sosialisasikan Cara Pemotongan Dan pemilihan Hewan Qurban
S

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pertanian menggelar sosialisasi cara pemotongan hewan kurban saat pandemi virus corona atau Covid-19 kepada pengurus masjid di Padang, Kamis (2/7) kemaren. Selain itu juga diselingi Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurban Asuh (Aman Sehat Utuh Halal).
Kegiatan yang digelar di Ruang Serbaguna Bagindo Aziz Chan Balai Kota Padang, Kamis (2/7/2020) itu pun dibuka secara resmi Wali Kota Padang Mahyeldi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal serta Kepala Dinas Pertanian Syahrial.
Wali Kota Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi dan bimtek tersebut sangat penting dilakukan, agar saat pemotongan hewan kurban nantinya tidak terjadi penularan covid-19.
“Sebab biasanya saat pemotongan hewan kurban banyak kerumunan orang, dikhawatirkan terjadi penularan covid-19. Maka itu sebelum terjadi kita harus mencegahnya,” harap wako menegaskan.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial menyebut, sosialiasi ini guna memberikan pemahaman kepada para pengurus masjid di Kota Padang. Baik ketika memilih hewan kurban yang sehat dan melewati proses sesuai syariah.
“Kita ingin pemilihan hewan kurban nantinya aman dan sehat sesuai dengan kesehatan. Sementara pembungkusannya nanti sesuai dengan ketentuan, sehingga daging kurban yang sampai ke masyarakat itu aman dan sehat,” ungkapnya.
Syahrial Kamat melanjutkan, dalam sosialiasi ini juga menghadirkan pihak MUI Kota Padang agar pemilihan hewan kurbannya sesuai dengan ketentuan syariah.
“Kita berharap jangan sampai karena berpatokan harga, hewan kurban yang dibeli tidak cocok dengan ketentuan syariah agama Islam,” ujarnya.
Seperti diketahui, sosialiasasi ini diikuti 75 pengurus masjid di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Nanggalo dan Kecamatan Kuranji.
“Saat ini ada tiga kecamatan, jadi ada 75 orang yang ikut dan nanti akan dilanjutkan kepada kecamatan lainnya di kantor camat. Besok kecamatan lain sampai bungus dan kita sendiri yang akan datang,” pungkasnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -