Agam,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 66 anak Nagari Sungai Tanang, Kecamatan Banuhampu mengikuti khatam Al-quran, Selasa (13/8). Kegiatan itu disambut antusias masyarakat setempat dan para perantau yang pulang basamo.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria. Turut mendampingi Camat Banuhampu, Wali Nagari Sungai Tanang dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Panitia Pelaksana, Herianto menyebutkan, kegiatan itu untuk menciptakan generasi yang cinta Al-qur’an dan menerapkan ilmu alquran dalam kehidupan sehari seharinya.

“Dengan dikhatamnya anak-anak kita, bukan berarti mereka berhenti untuk membaca Al-quran. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dari guru dan rasa terimakasih kepada anak anak yang telah serius dalam membaca Al-qur’an,” sebutnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan itu, para santri yang dikhatam rata-rata masih berpendidikan kelas 6 SD yang menimba ilmu di beberapa MDA atau masjid di Nagari Sungai Tanang.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dalam sambutannya saat pembukaan berharap kepada para orang tua peserta untuk tetap mengajar dan mengevaluasi anak-anaknya membaca Al-qur’an di rumah masing-masing.

“Jangan hanya membaca saja. Tapi ajari juga mereka untuk mendalami dan menerapkan ajaran-ajaran yang sudah terkandung di dalam kitab suci itu,” tutur wabup.

Wabup menjelaskan, khatam Al-qur’an sangat mendukung program strategis Kabupaten Agam, yakni Nagari Madani. Dengan khatam Al-qur’an, banyak sisi yang bisa diambil.

“Terutama mempersiapkan kemenakan menjadi generasi madani yang qur’ani. Saya mengharapkan tahun berikutnya kegiatan khatam al-qur’an umumnya di Kabupaten Agam semakin ramai dan meriah,” pungkas wabup.(amcnews)

loading...