23 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata
S

Kategori -

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,- Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Bahkan, menurut Tokoh Muda Luak Limopuluah Muhammad Bayu Vesky, Selasa (12/1), kalau dibiarkan terus menerus, para pegiat festival pemerhati wisata di yang selama ini membantu Limapuluh Kota dalam mengurus festival, dikhawatirkan sudah tidak tertarik lagi.

“Kasihan kita, perlu ditinjau dan dipantau kinerja dan anggaran kebersihan, anggaran tiket Harau ini. Truk sampah guna buat apa? Bak sampah di Lingkungan Hidup ada di mana? Bukankah pengadaannya tidak sedikit?,” ujar Bayu.

“Kita menduga, biaya angkut sampah di Limapuluh Kota, disinyalir tidak termanfaatkan dengan betul,” tandasnya.

Menurut Muhammad Bayu Vesky, jika perubahan Lembah Harau itu hal yang signifikan, maka akan lebih baik jika dibuatsertakan potential problem analisysnya. Di dalam itu termuat preventive action dan corrective action. Sehingga siapa accountability person dan completion datenya.

“Kita khawatir, nanti Lembah Harau tidak natural lagi. Tidak asri, tak lagi bersih. Sehingga semangat Harau Menuju Dunia yang digalakan Bupati dan Wabup Irfendi-Ferizal, tidak menemui titik terang di akhir jabatannya,” tukuk Bayu.

Sementara itu, penggiat Pariwisata Luak Limopuluah Rino Chandra mengaku geram dan menyesalkan kondisi sampah di Lembah Harau yang tak terkelola itu. Menurutnya perlu evaluasi secara khusus, aset yang tidak dihargai.

“Instansi terkait jangan terlalu banyak melakukan kegiatan diluar daerah, daerah sendiri yang memiliki potensi hebat tak diurus maksimal. Narasi pokok soal Limapuluh kota menjadi sebuah destinasi wisata perlu di angkat secara nyata ke permukaan.” Kata Rino.

“Jangan diselimuti dulu dengan narasi-narasi keindahan kalau didalamnya kacau balau, yang rugi daerah, akibat dari sebuah bungkusan palsu soal pengelolaan destinasi wisata,” pungkasnya.

Rino yang juga Ketua IWO Luak Limopuluah itu juga menjelaskan, proporsi untuk zona wisata ini jelas dipegang beberapa instansi di Pemkab Limapuluh Kota, seperti dinas yang mengurus penanggulangan sampahnya, mengurusi lingkungan hidup, drainase dan sungai, hutan, serta flora dan faunanya, termasuk dinas yang mengurus spot destinasi.

“Pada kemana instansi yang bertanggungjawab terhadap destinasi ini. Sektor pariwisata merupakan penggerak segala sektor. Kenapa tidak serius dalam mengelola keindahan alam ini,” pungkasnya. (tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -