25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polri Tetapkan Siaga Satu Mulai 24 Desember – 2 Januari
S

Kategori -

Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan melanjutkan Operasi Mantap Praja yang dilakukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember lalu, dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

“Oleh karena itu kita  tetapkan siaga satu  sejak tanggal 7 Desember  sampai dengan nanti selesai  Operasi Lilin yang akan kita laksanakan mulai tanggal 24 sampai dengan tanggal 2 Januari 2016,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti kepada wartawan seusai mengikuti rapat terbatas, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/12) petang.

Polri, lanjut Badrodin, sudah memetakan dan memprediksi kerawanan, baik ancaman yang konvensional maupun ancaman yang terkait dengan masalah lalu lintas, ancaman yang terkait terorisme, termasuk  juga masalah intoleransi dalam menyambut Natal dan Tahun Baru itu.

“Nah, semua sudah kita petakan dan kita lakukan  antisipasi semaksimal mungkin, agar masyarakat bisa merayakan dengan aman dan damai, dan juga merayakan pergantian tahun 2015-2016 bisa berjalan dengan aman tanpa ada gangguan yang berarti,” kata Badrodin.

Oleh karena itu, lanjut Kapolri, pada Operasi Lilin 2015 disiapkan beberapa tempat-tempat pengamanan, tempat-tempat yang perlu diamankan, yaitu mulai dari tempat-tempat ibadah, gereja, kemudian terminal, tempat wisata, pelabuhan, bandara, stasiun, kemudian juga pusat-pusat perbelanjaan, tempat-tempat  rekreasi atau tempat-tempat pergantian Tahun Baru.  “Nah semua ini juga data  dari Pemda, sudah kita lakukan pengamanan, baik  yang terbuka maupun yang tertutup,” ujarnya.

Menurut Kapolri, seluruh petugas yang dikerahkan, baik dari Polri ataupun dari TNI, dan istansi terkait sebanyak 150.554 personil, terdiri dari polri 80.203 personil, dan TNI  dan instansi terkait  70.351 personil.

Selain itu, Polri juga akan menyiapkan pos-pos pengamanan sebanyak 1557 titik. Ia menyebutkan, ada 12 polda yang menjadi prioritas, pertama yaitu Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, DIY, Jatim, Bali, NTT, Sulteng, Maluku, Papua dan Papua Barat.

“Daerah-daerah itu yang memang  di dalam merayakan Natal dan Tahun Baru ada kerawanan-kerawanan yang harus kita lakukan  antisipasi,” ungkap Kapolri seraya menyebutkan, di luar polda itu adalah rawan  prioritas kedua.

Secara keseluruhan, lanjut Kapolri, persiapan-persiapan sudah dilakukan untuk melanjutkan operasi-operasi mantap praja ini dan kita lanjutkan dengan operasi lilin. “Mudah-mudahan berjalan dengan aman tanpa ada gangguan yang berarti,” pungkasnya. (DID/UN/ES)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gercep PK IMM Kasman singodimedjo Berbagi Sembako

Padang BeritaSumbar.com,- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM) Kasan Singodimedjo berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Padang pada Minggu 2/5. Kegiatan ini diadakan sehari usai melakukan santunan yatim di panti asuhan Aisiyah Lubuk Begalung.
- Advertisement -

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan kesiapan Posko Sekat Operasi Ketupat Singgalang 2021 di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di...
- Advertisement -

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -