23 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Sambut 1 Muharram 1437 H, Padang Canangkan Program “Padang Penghafal Alquran”
S

Kategori -

Padang – Kota Padang akan melaunching ‘Padang Penghafal Alquran’ pada peringatan 1 Muharram 1437 H mendatang yang bertepatan dengan 13 Oktober.

Dengan dilaunchingnya program Padang Penghafal Alquran tersebut, maka semua anak di Kota Padang tak hanya pintar dalam ilmu akademik juga pintar dalam membaca dan mendalami Alquran.

Hal itu ditegaskan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi dan Kabag. Humas protokol Mursalim, usai membuka Pekan Muharam di Balaikota Aia Pacah, Rabu (7/10).

Disebutkannya, selama ini Kota Padang sudah menerapkan juga aturan masuk SMP dan SMA harus pada tulis dan baca Alquran. Lalu, ke depan perguruan tinggi juga menerapkan hal yang sama bagi calon mahasiswa baru.

Beberapa perguruan tinggi di Kota Padang telah mulai melakukannya dengan mempersyaratkan calon mahasiswa baru harus pandai tulis baca Alquran tersebut seperti di Universitas Andalas.

Di samping itu, juga ada beberapa sekolah menjadikan menghafal Alquran sebagai kegiatan ekstrakurikulernya. Bila 1 Muharram 1436 H lalu, Padang mencanangkan Padang Bersih.

Lalu, pada tempat yang sama Kabag Kesra Kota Padang, Al Amin mengatakan, pekan Muharram 1437 H ini menggelar berbagai kegiatan perlombaan seperti lomba qasida rabana antar majelis taklim utusan kecamatan se-Kota Padang pada 7 Oktober, lomba Da’i cilik antar SD/MI utusan kecamatan se-Kota Padang, 8 Oktober, lomba drama Islam antar SMA/SMK se-Kota Padang pada 9 Oktober, lomba nasyid antar SMA/SMK/MA se-Kota Padang 10 Oktober, Musyabaqah syahril Quran (MSQ) antar remaja masjid utusan kecamatan se-Kota Padang pada 12 Oktober. Lalu, detik-detik pergantian tahun Islam 1437 H pada 13 Oktober.

Ditambahkan Al Amin, usai pemukulan beduk detik-detik pergantian tahun 1 Muharram tersebut dilanjutkan dengan shalat magrib berjemaah. Kegiatan pekan Muharram tahun ini diharapkan akan mampu membawa perubahan yang berarti sesuai prinsip Islam. Hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya, hari besok harus lebih baik dari hari ini. Jika sebaliknya, maka mereka adalah orang yang merugi. (rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -