25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sambut 1 Muharram 1437 H, Padang Canangkan Program “Padang Penghafal Alquran”
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Kota Padang akan melaunching ‘Padang Penghafal Alquran’ pada peringatan 1 Muharram 1437 H mendatang yang bertepatan dengan 13 Oktober.

Dengan dilaunchingnya program Padang Penghafal Alquran tersebut, maka semua anak di Kota Padang tak hanya pintar dalam ilmu akademik juga pintar dalam membaca dan mendalami Alquran.

Hal itu ditegaskan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi dan Kabag. Humas protokol Mursalim, usai membuka Pekan Muharam di Balaikota Aia Pacah, Rabu (7/10).

Disebutkannya, selama ini Kota Padang sudah menerapkan juga aturan masuk SMP dan SMA harus pada tulis dan baca Alquran. Lalu, ke depan perguruan tinggi juga menerapkan hal yang sama bagi calon mahasiswa baru.

Beberapa perguruan tinggi di Kota Padang telah mulai melakukannya dengan mempersyaratkan calon mahasiswa baru harus pandai tulis baca Alquran tersebut seperti di Universitas Andalas.

Di samping itu, juga ada beberapa sekolah menjadikan menghafal Alquran sebagai kegiatan ekstrakurikulernya. Bila 1 Muharram 1436 H lalu, Padang mencanangkan Padang Bersih.

Lalu, pada tempat yang sama Kabag Kesra Kota Padang, Al Amin mengatakan, pekan Muharram 1437 H ini menggelar berbagai kegiatan perlombaan seperti lomba qasida rabana antar majelis taklim utusan kecamatan se-Kota Padang pada 7 Oktober, lomba Da’i cilik antar SD/MI utusan kecamatan se-Kota Padang, 8 Oktober, lomba drama Islam antar SMA/SMK se-Kota Padang pada 9 Oktober, lomba nasyid antar SMA/SMK/MA se-Kota Padang 10 Oktober, Musyabaqah syahril Quran (MSQ) antar remaja masjid utusan kecamatan se-Kota Padang pada 12 Oktober. Lalu, detik-detik pergantian tahun Islam 1437 H pada 13 Oktober.

Ditambahkan Al Amin, usai pemukulan beduk detik-detik pergantian tahun 1 Muharram tersebut dilanjutkan dengan shalat magrib berjemaah. Kegiatan pekan Muharram tahun ini diharapkan akan mampu membawa perubahan yang berarti sesuai prinsip Islam. Hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya, hari besok harus lebih baik dari hari ini. Jika sebaliknya, maka mereka adalah orang yang merugi. (rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img