23 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Salurkan Bakat Pemuda Areal Medan Nan Bapaneh Diaspal Beton
S

Kategori -
- Advertisement -

Areal perparkiran dan sebagian jalan lingkungan di kawasan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, diaspal ulang. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh, menyiapkan dana Rp780 juta guna meningkatkan mutu areal parkir dan jalan lingkungan itu dengan aspal hotmix.

Kepala Disparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi didampingi Kabid Prasarana dan Sarana Elfi Jaya, ST, di Payakumbuh, menginformasikan, Selasa (13/5), areal parkir lebih kurang satu hektar itu, tidak hanya berfungsi sebagai prasarana parkir, tapi juga buat space berbagai kegiatan kepemudaan dan pagelaran kesenian. Karena itu, pemko perlu meningkatkan mutunya agar lebih baik, buat menggelar berbagai iven kepemudaan, katanya.

Dikatakan, setiap hari Minggu, pelataran parkir itu, sejak pukul 06.00 pagi, sudah dipadati ribuan penggemar olahraga senam aerobic. Kemudian, dari pukul 09.00 hingga sore, dimanfaatkan untuk kegiatan penampilan berbagai kesenian tradisional, mulai dari tari, randai, teater, pembacaan pusi hingga tari-tarian klasik dan modern. Kegiatan ini, bekerjasama antara Disparpora dengan Dewan Kesenian Payakumbuh, pimpinan Iyut Fitra.

Pekerjaan peningkatan aspal pelataran parkir Medan nan Bapaneh itu, telah dilakukan rekanan pelaksananya, sejak Sabtu (10/5). Dijadwalkan, hingga sepekan ke depan, pekerjaannya rampung, guna persiapan iven Payakumbuh Fashion Week 2014. “Kita sudah meminta ketegasan pihak rekanan pelaksana, sebelum acara Payakumbuh Fashion Week dimulai, pekerjaan pengaspalan prasarana wisata itu rampung dikerjakan,” ucap Elfi Jaya.

Menurut Kadisparpora Syahnadel, kawasan Medan nan Bapaneh akan dijadikan sebagai rest area bagi kendaraan lintas Padang-Pekanbaru. Karena itu, berbagai fasilitas pendukung secara bertahap terus ditingkatkan. Di antaranya, memfungsikan Pondok Promosi Industri yang akan menyediakan berbagai kerajinan makanan dan kerajinan industri fashion serta cenderamata lainnya.

Selain itu, di kawasan Medan nan Bapaneh juga tersedia kolam renang prestasi yang didukung dengan water boom buat anak-anak bermain. Tidak kurang 500-an tamu berdatangan ke kolam renang setiap minggu, katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img