27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Rute KA Trans SUmatera Padang Panjang-Payakumbuh Masih Dievaluasi
R

Kategori -

PADANG – Amran, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar, mengatakan rute Padang Panjang-Payakumbuh masih dievaluasi untuk menentukan apakah tetap dilakukan reaktivasi atau membangun rel baru.

“Dari Padang Panjang ke Payakumbuh memang melewati kawasan padat penduduk, dan kondisi relnya sudah rusak parah. Kami masih evaluasi dan buat kajian dulu sesuai instruksi kementerian,” katanya, Rabu (15/4/2015).

Jika hasilnya tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, pemerintah daerah dalam Rakor Kepala Daerah se Sumbar bersama Dirjen Perkeretaapian Selasa (14/5/2015) lalu menyatakan komitmen untuk pengadaan lahan baru.

“Tetapi kalau perhitungannya masih memungkinan, ya dilakukan reaktivasi,” ujar Amran.

Dia mengatakan rute tersebut baru akan diprioritaskan tahun depan dengan menghubungkannya ke Pekanbaru, Riau. Sedangkan saat ini, pemerintah setempat memfokuskan rute Muara Kalaban-Sijunjung menuju jalur lintas Sumatra.

Amran mengatakan pemerintah memulai pengerjaan Trans Sumatra Railway di Sumbar dengan menggarap koridor 6 yang menghubungan Muara Kalaban (Sumbar) dengan Teluk Kuantan (Riau).

Rute tersebut berjarak 254,09 kilometer dari Dumai-Pekanbaru-Sijunjung-Sawahlunto. Selain itu, juga koridor 8 sepanjang 251,01 kilometer Padang-Padang Panjang-Solok-Sawahlunto-Muaro.

Untuk pembebasan lahan, kata Amran, sepenuhnya dibiayai melalui APBN. Tahun ini Sumbar mendapatkan anggaran Rp320 miliar, termasuk pengerjaan akhir railbus dari pusat kota ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Awal Mei nanti sudah dimulai tender pengerjaannya. Kalau Sumbar sudah terhubung dengan Riau, sisanya tinggal reaktivasi jalur kereta yang ada,” sebutnya.

Dia mengatakan jalur kereta api yang ada di daerah itu mencapai 304,2 kilometer dengan lintasan yang beroperasi 73,2 kilometer. Adapun, sepanjang 230,9 kilometer tidak digunakan dengan kondisi 115 kilometer rusak berat dan berubah fungsi, seerta 115,8 kilometer rusak sedang.

 

Sumber: Bisnis.com
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -