27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Romeo Rissal Pandjialam: Soal Wirausaha, Visi Pemko Padang Klop Banget!
R

Kategori -

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah sejak awal kepemimpinannya tetap berpihak kepada pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ia ingin menggeliatkan ekonomi Kota Padang dengan menjadikan sektor ini sebagai primadona. Makanya, ia fokus pada pembinaan kewirausahaan dengan pembinaan UMKM sekaligus mempersiapkan kelahiran pengusaha – pengusaha baru.

Dalam rapat staf yang didahului dengan shalat Subuh berjamaah di Balaikota Padang, Selasa (15/16), Mahyeldi kembali menegaskan hal itu. “Kewirausahaan, pendidikan, perdagangan dan pariwisata adalah visi kita untuk membangkitkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Dinas Koperasi UMKM, Pemko Padang telah mengupayakan bantuan dari pusat untuk memfasilitasi pedagang berupa tenda, gerobak. “Begitu juga dengan komunitas pedagang atau pecinta batu akik kita berikan ruang bagi mereka untuk terus berkembang sembari mengupayakan pembuatan sentra agar mereka nyaman dan pengunjung mudah menemukan,” kata Walikota.

Dalam rapat staf kali ini, Pemko Padang menghadirkan Dr. Romeo Rissal Pandjialam, mantan pimpinan Bank Indonesia Padang yang dianggap sebagai tokoh kebangkitan ekonomi syariah dan bank syariah. Kehadiran Romeo guna memberikan inspirasi dan motivasi bagi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang hadir. Maka tak pelak, Romeo harus berbagi pengalaman dan pemikiran karena ‘dihujani’ pertanyaan dari pimpinan SKPD serta beberapa pelaku usaha.

Romeo mengaku klop dengan vis Pemko Padang, yaitu Mewujudkan Kota Padang sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata yang Sejahtera, Religius dan Berbudaya. “Hal itu klop dalam klop dalam pengembangan wirausaha. Sebab, pendidikan akan menunjang majunya perdagangan dan pariwisata untuk mewujudkan kesejahteraan. Dan dikaitkan dengan pendidikan yang mengedepankan nilai – nilai keagamaan maka akan lahir budaya yang religius. Nanti semua akan tercermin dalam setiap aktifitas baik pariwisata dan perdagangan maupun sektor usaha apa saja. Jadi klop banget dengan misi saya,” jelas Romeo.

Lebih lanjut, pria yang pernah memimpin Bank Indonesia yang memabawahi Sumatera Barat, Jambi dan Riau ini mengaku miris dengan kondisi dunia usaha di Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya. Lantaran, banyaknya pelaku usaha lokal yang keteteran bersaing dengan yang datang dari luar. “Kita harus patahkan stigma bahwa pengusaha lokal itu ecek – ecek. Kita harus tunjukkan kualitas dari yang kita hasilkan serta bekerja profesional,” kata pria yang aktif membina wirausaha setelah pensiun ini.

Jangan sampai orang yang datang dari luar Padang justru menjadi pelaku usaha di kampung sendiri, sedangkan orang Padang sendiri hanya menjadi penonton. ”Kita harus menjadi tuan rumah yang baik, yaitu yang menentukan maju mundur dunia usaha di kampung sendiri,” ujarnya.

Caranya, kita bikin mini market dengan konsep sendiri, kita buat usaha kerajinan khas dengan kualitas setara dengan yang diproduksi di luar. Kemudian untuk kewirausahaan yang belum dikuasai harus mau belajar. “Jangan malu untuk belajar, jangan merasa cukup dengan kemampuan yang dimiliki,” kata alumni Jurusan Bahasa Inggris FBS UNP (dulu: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FPBS IKIP Padang).

Pemerintah Kota Padang, menurut Romeo, harus menyiapkan kerjasama dengan perusahaan darimanapun yang masuk di Padang. Kerjasama itu haruslah yang dapat menguntungkan serta memberi kemajuan terhadap pertumbuhan ekonomi. “Jangan sampai orang datang ke Padang mencari duit lalu membawanya ke daerah lain, sementara kita disini selaku tuan rumah hanya kebagian remah – remah,” pungkas Romeo.(du/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -