24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Romeo Rissal Pandjialam: Soal Wirausaha, Visi Pemko Padang Klop Banget!
R

Kategori -

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah sejak awal kepemimpinannya tetap berpihak kepada pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ia ingin menggeliatkan ekonomi Kota Padang dengan menjadikan sektor ini sebagai primadona. Makanya, ia fokus pada pembinaan kewirausahaan dengan pembinaan UMKM sekaligus mempersiapkan kelahiran pengusaha – pengusaha baru.

Dalam rapat staf yang didahului dengan shalat Subuh berjamaah di Balaikota Padang, Selasa (15/16), Mahyeldi kembali menegaskan hal itu. “Kewirausahaan, pendidikan, perdagangan dan pariwisata adalah visi kita untuk membangkitkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Dinas Koperasi UMKM, Pemko Padang telah mengupayakan bantuan dari pusat untuk memfasilitasi pedagang berupa tenda, gerobak. “Begitu juga dengan komunitas pedagang atau pecinta batu akik kita berikan ruang bagi mereka untuk terus berkembang sembari mengupayakan pembuatan sentra agar mereka nyaman dan pengunjung mudah menemukan,” kata Walikota.

Dalam rapat staf kali ini, Pemko Padang menghadirkan Dr. Romeo Rissal Pandjialam, mantan pimpinan Bank Indonesia Padang yang dianggap sebagai tokoh kebangkitan ekonomi syariah dan bank syariah. Kehadiran Romeo guna memberikan inspirasi dan motivasi bagi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang hadir. Maka tak pelak, Romeo harus berbagi pengalaman dan pemikiran karena ‘dihujani’ pertanyaan dari pimpinan SKPD serta beberapa pelaku usaha.

Romeo mengaku klop dengan vis Pemko Padang, yaitu Mewujudkan Kota Padang sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata yang Sejahtera, Religius dan Berbudaya. “Hal itu klop dalam klop dalam pengembangan wirausaha. Sebab, pendidikan akan menunjang majunya perdagangan dan pariwisata untuk mewujudkan kesejahteraan. Dan dikaitkan dengan pendidikan yang mengedepankan nilai – nilai keagamaan maka akan lahir budaya yang religius. Nanti semua akan tercermin dalam setiap aktifitas baik pariwisata dan perdagangan maupun sektor usaha apa saja. Jadi klop banget dengan misi saya,” jelas Romeo.

Lebih lanjut, pria yang pernah memimpin Bank Indonesia yang memabawahi Sumatera Barat, Jambi dan Riau ini mengaku miris dengan kondisi dunia usaha di Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya. Lantaran, banyaknya pelaku usaha lokal yang keteteran bersaing dengan yang datang dari luar. “Kita harus patahkan stigma bahwa pengusaha lokal itu ecek – ecek. Kita harus tunjukkan kualitas dari yang kita hasilkan serta bekerja profesional,” kata pria yang aktif membina wirausaha setelah pensiun ini.

Jangan sampai orang yang datang dari luar Padang justru menjadi pelaku usaha di kampung sendiri, sedangkan orang Padang sendiri hanya menjadi penonton. ”Kita harus menjadi tuan rumah yang baik, yaitu yang menentukan maju mundur dunia usaha di kampung sendiri,” ujarnya.

Caranya, kita bikin mini market dengan konsep sendiri, kita buat usaha kerajinan khas dengan kualitas setara dengan yang diproduksi di luar. Kemudian untuk kewirausahaan yang belum dikuasai harus mau belajar. “Jangan malu untuk belajar, jangan merasa cukup dengan kemampuan yang dimiliki,” kata alumni Jurusan Bahasa Inggris FBS UNP (dulu: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FPBS IKIP Padang).

Pemerintah Kota Padang, menurut Romeo, harus menyiapkan kerjasama dengan perusahaan darimanapun yang masuk di Padang. Kerjasama itu haruslah yang dapat menguntungkan serta memberi kemajuan terhadap pertumbuhan ekonomi. “Jangan sampai orang datang ke Padang mencari duit lalu membawanya ke daerah lain, sementara kita disini selaku tuan rumah hanya kebagian remah – remah,” pungkas Romeo.(du/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -