26 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

Riza, Kembali Rapatkan Barisan Biduak Lalu Kiambang Batauik
R

Kategori -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, ajak warga kota, kembali merapatkan barisan. Bina kembali persaudaraan dan semangat kekeluargaan, baik dalam rukun tetangga, rukun warga maupun dalam lingkungan kaum sendiri. Atau, umumnya, sesama warga Kota Payakumbuh. “Biduak lalu, kiambang batauik. Jangan ada lagi gesekan-gesekan yang akan merusak semangat persatuan dan kesatuan sesama anak negeri ini.

Pemilihan anggota legislatif atau Pileg, telah lima hari berlalu. Apapun hasilnya, kewenangan KPUD Payakumbuh yang bertanggung jawab mengumumkannya. “Terimakasih, warga kota telah menyalurkan suaranya secara tepat dan benar, sesuai dengan hati nurani masing-masing. Mari kita tunggu bersama, KPUD merilis hasilnya,” ucap Walikota Riza Falepi di Payakumbuh, Minggu (13/4).

Menurut Walikota Riza Falepi, tujuan Pemilu untuk memilih anggota legislatif yang amanah, guna menjalankan roda pemerintahan ini bersama eksekutif, lima tahun mendatang. Dalam pemilihan, jikapun ada friksi akibat perbedaan warna atau pilihan, sebuah fenomena yang harus dilewati dalam alam demokrasi. “Kita menghargai perbedaan pilihan, tapi jangan sampai merusak persaudaraan. Mari kito basamo kembali membangun kota ini,” sebut walikota.

Pantauan wartawan kami di Payakumbuh, hasil perolehan suara untuk DPRD Payakumbuh, cukup berimbang. Partai-partai besar tidak lagi memonopoli suara, tapi menyebar ke partai-partai kecil lainnya. Berikut ini, hasil perolehan suara di Dapil I (Payakumbuh Barat), Dapil II (Payakumbuh Utara dan Lamposi Tigo Nagori), dan Dapil III (Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan, sesuai momor urut parpol.

Partai Nasdem, Dapil I memperoleh 1.492 suara, Dapil II (2.046) dan Dapil III (697), total 4.235 suara. Partai Kebangkitan Bangsa, Dapil I (865), Dapil II (1.129) dan Dapil III (544), total 2.538 suara. Partai Kesejahteraan Sosial, Dapil I (2.030), Dapil II (2.934) dan Dapil III (1.189), total 6.157 suara. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Dapil I (1.819), Dapil II (705), Dapil III (1.189), total 3.713 suara. Partai Golongan Karya, Dapil I (2.636), Dapil II (1.630), Dapil III (3.357), total 8.623 suara. Partai Gerindra, Dapil I (1.639), Dapil II (2.319), Dapil III (1.682), total 5.640 suara.

Berikutnya, Partai Demokrat, Dapil I (3.006), Dapil II (1.748), Dapil III (2.472), total 7.226 suara. Partai Amanat Nasional, Dapil I (2.041), Dapil II (2.629), Dapil III (1.691), total 6.361 suara. Partai Persatuan Pembangunan, Dapil I (1.505), Dapil II (2.141), Dapil III (1.693), total 5.339 suara. Partai Hanura, Dapil I (1.127), dapil II (1.301), Dapil III (966), total 3.394 suara. Partai Bulan Bintang, Dapil I (1.345), Dapil II (1.566), Dapil III (474), total 3.385 suara. Partai Keadilan Persatuan Indonesia, Dapil I (873), Dapil II (109) dan Dapil III (201), total 1.183 suara.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.
- Advertisement -

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.
- Advertisement -

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

Proyek Fisik di SMPN 1 Bukittinggi Terkesan Dikerjakan Secara Diam-diam

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Di tengah pendemi covid19, sejumlah kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi tetap berjalan, seperti yang terjadi di SMP...

Tiga Tantangan Besar Hambat Gerakan Perburuhan di Indonesia

Jakarta,- DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menyebutkan Tiga tantangan besar tengah menghambat pergerakan Serikat Buruh saat ini di Indonesia.
- Advertisement -