25 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Riza Felepi Monitor Ujian CPNS Payakumbuh 2014
R

Kategori -

Hari pertama pelaksanaan ujian CPNSD Kota Payakumbuh 2014, yang berlangsung di ruang labor CAT Kantor Regional (Kanreg) XII BKN Pekanbaru, berjalan aman, tertib dan lancar, Rabu (22/10). Hanya saja, ujian sesi pertama, pukul 08.00-09.30 WIB direncanakan melibatkan 102 peserta, diikuti 96 peserta. Enam peserta lainnya absen masuk ruang labor CAT, hingga jam ujian dimulai.

Pada sesi kedua, pukul 10.00-11.30.00 WIB, juga tercatat 8 peserta yang tak masuk ruang kelas ujian. Sehingga, di hari pertama itu, total peserta yang absen ujian berjumlah 14 peserta dari 510 peserta yang seharusnya ikut ujian. Peserta dibagi dalam lima sesi, hingga pukul 17.00 WIB. Ujian CPNS itu akan berakhir 1 November 2014, dengan total 5.014 peserta, memperebutkan 51 formasi yang tersedia.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kepala Kanreg XII BKN Pekanbaru, Ibtri Rejeki, Kepala BKD Payakumbuh Hj. Ruslayetti, Asisten I Setdako Yoherman dan Kabag Hukum Prima Yanuarita serta Kabag Humas Jhon Kenedi, ikut menyaksikan pelaksanaan ujian CPNS itu dari ruang khusus yang dapat diakses lewat TV monitor yang disediakan Kanreg BKN.

Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, Ibtri Rejeki bersama Kabag Umum Kanreg, Watin, menjelaskan sistem ujian CAT yang dilakukan BKN dua tahun terakhir ini, dalam penerimaan CPNS. Menurutnya, ujian lewat sistem CAT akan mendapatkan CPNS yang punya kemampuan akademis berkualitas.

Walikota Riza Falepi, dari ruang monitoring khusus, menyampaikan apresiasinya kepada BKN dalam menyediakan fasilitas dan aplikasi CAT dimaksud. Ujian sistem CAT, menurutnya, bakal membuat kepala daerah tak panik lagi, karena desakan banyak pihak, untuk meluluskan saudaranya masuk CPNSD. Penerimaan CPNS karena koneksi atau sistem pawang, ditegaskan walikota, berdampak buruk terhadap kualitas CPNS.

Karena, untuk diterima menjadi CPNS tak ada orang lain dapat menolong, kecuali dirinya sendiri. Jika nilainya baik, memenuhi passing garade yang ditentukan, peluang untuk lulus sangat terbuka. Tapi, kalau nilainya jeblok, yang bersangkutan langsung gugur, dan diketahui publik secara luas, begitu peserta keluar dari ruang ujian” ucap Riza.

Ujian yang dilakukan di Kanreg XII Pekanbaru itu, dinilai walikota sangat jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. Publik yang ingin melihat nilai yang diperoleh peserta ujian dapat menyaksikan di layar kaca yang dipasang di teras bagian luar Kanreg XII Pekanbaru.

Selama ujian berlangsung, selama 1,5 jam, publik dapat melihat nilai seseorang silih berganti. Kalau jawaban peserta lebih tepat dan benar, angka-angkanya langsung berubah. “Saya senang melihatnya bersama sejumlah orang tua peserta di teras Kanreg,”katanya.

Selain memonitor, menjelang ujian dilaksanakan, walikota juga memotivasi peserta untuk hati-hati membaca soal yang diberikan panselnas CPNS. “Soalnya cukup mudah, hanya jawabannya yang lumayan sulit,” kata walikota bercanda.

Keterangan Kepala BKD Payakumbuh, Ruslayetti, dalam rekruitmen CPNSD tahun ini, peserta dusuguhi 100 soal pada komputernya. Soal-soal itu dibagi dalam tiga kelompok, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), dengan passing grade minimal 70, kemudian tes intelegensi umum (TIU) dengan passing grade minimal 75 dan tes karakteristik pribadi (TKP) dengan passing grade 126. “Jika seorang peserta, jika akumulasi nilainya tinggi, namun gagal memenuhi salah satu passing grade TWK/TIU/TKP, otomatis yang bersangkutan gugur,” jelasnya.

Peserta yang mampu memenuhi passing grade ketiga kelompok ujian, pada setiap sesi ujian selama sepuluh hari itu, bisa jadi mencapai ratusan atau ribuan orang. Tapi, untuk penentuan kelulusannya akan ditentukan oleh sistem CAT itu sendiri. Karena, durasi jawaban peserta juga bagian dari penilaian. “Tak ada campur tangan kepala daerah atau pejabat pemko dalam menentukan kelulusan. Semuanya, sudah terprogram oleh sistem,” tegas Kepala Kanreg XII Ibtri Rejeki dan Kepala BKD Ruslayetti. (humas payakumbuh)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -