31.4 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Limapuluh Kota

Sarilamak – Ratusan rumah terendam banjir di Nagari Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), akibat tingginya curah hujan di daerah itu, dimana tinggi mencapai 40 hingga 50 sentimeter.

“Lokasi tersebut merupakan daerah langganan banjir setiap tahun,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Nasryanto saat dihubungi dari Payakumbuh, Rabu Malam.

Ia menyebutkan, setidaknya sudah ada 170 rumah di Nagari (desa adat) Sarilamak Kecamatan Harau yang terdata, dimana lokasinya tersebar pada tiga jorong.

Lebih lanjut ia merincikan, 100 berada di Jorong Purbajaya, 50 di Jorong Muaro Ketinggian dan 20 di Jorong Buluh Kasok.

“Hingga kami masih mendata rumah masyarakat yang terindam banjir tersebut,” kata dia.

Selain itu, musibah tersebut juga merendam 75 hektar sawah masyarakat setempat.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetapa waspata terhadap bencana mengingat tingginya curah hujan sejak beberapa waktu terakhir.

Ia menyebutkan, semua kecamatan di daerah itu rawan bencana, baik itu banjir ataupun tanag longsor.

Salah seorang masyarakat Sarilamak, Budi Febriandi mengatakan air mulai menggenangi pemukiman masyarakat sejak pagi hari akibat hujan tidak berhenti dari Selasa (24/11) Malam hingga Rabu (25/11) Siang.

“Kondisi itu bertambah parah akibat hujan kembali turun pada sore harinya,” kata dia yang juga mantan Wali Nagari (kepala desa adat) Sarilamak itu.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim Sicincin, Sumbar Goeroeh Tjiptanto memperkirakan curah hujan di daerah itu pada Desember 2015 meningkat dengan kategori sedang hingga tinggi.

Menurut dia sifat hujan secara umum masih berada pada kisaran bawah normal hingga normal, namun ada beberapa wilayah diperkirakan sifat hujan atas normal seperti di Kabupaten Agam bagian Barat, Muara Paiti dan Sijunjung. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Anggota Satgas Pasang Pondasi Tugu TMMD Ke 109 Kodim 0311/Pessel

Pesisir Selatan,- Tampak Personel Satgas TMMD ke-109 menyiapkan pondasi untuk tugu TMMD di nagari pancung taba Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Serap Aspirasi, Alirman Sori Temui Konstituen dan Sahabat di Pessel

Pesisir Selatan,- Senator Dr. H. Alirman Sori memanfaatkan masa reses untuk menemui Konstituen dan sahabat Also kampung halaman Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (13/10)...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -