26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Rapat Persiapan Pelaksanaan Sholat Idhul Fitri 1444 Hijriyyah
R

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga sekaligus Ketua PHBI Kota Padang Panjang menghadiri rapat persiapan pelaksanaan Sholat Idhul Fitri 1444 Hijriyyah di Kota Padang Panjang, Kamis (13/04/2023).

Dilaksanakan di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, hadir unsur Pimpinan Forkompinda, Camat, Lurah dan pimpinan Organisasi Masyarakat se Kota Padang Panjang.

Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra menegaskan bahwa rapat ini adalah rapat persiapan pelaksanaan Sholat Idhul Fitri 1444 Hijriyyah, bukan rapat menentukan 1 Syawwal 1444 Hijriyyah.

“Peran Pemerintah daerah adalah memberikan fasilitas untuk masyarakat umum yang menyelenggarakan ibadah, bukan menentukan jatuhnya 1 Syawwal, karena terkait keagamaan adalah kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujarnya.

“Alternatif pertama tempat pelaksanaan Sholat Idhul Fitri tetap di Lapangan GOR Chatib Sulaiman Bancah Laweh dan Alternatif kedua, jika hari hujan dilaksanakan di Masjid Manarul Ilmi Islamic Center Padang Panjang,” jelasnya.

Sonny Budaya Putra memberikan instruksi kepada pihak terkait, untuk melakukan persiapan pelaksanaan Sholat Idhul Fitri secara paripurna.

“Kita semarakkan Idhul Fitri tahun ini, dan berbenah untuk menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ulasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Padang Panjang dalam pemaparannya menyampaikan bahwa sikap kita adalah menuggu pengumuman Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Sudah menjadi hal biasa bagi kita semua, memulai puasa Ramadhan bersama Ulil Amri (Pemerintah) dan berbuka (Idhul Fitri) juga bersama pemerintah,” ujarnya.

“Terkait dengan agenda Takbiran dan hal terkait, mari kita bersabar menunggu pengumuman dan aturan resmi Pemerintah Pusat,” sambungnya.

“Dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama kita semua, semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita,” pungkasnya mengakhiri.

Dari Polres Padang Panjang diwakili Kepala Bagian Operasional bersama Dinas Perhubungan dan pihak terkait siap mengamankan jalannya pelaksanaan Sholat Idhul Fitri di Kota Serambi Mekkah Padang Panjang.

Rapat dilanjutkan dengan diskusi bersama dipandu Kabag Kesra Erwina Agreni. (Adi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img