24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Rahasia Sukses Membangun Bisnis Online (Seri Pertama: Sebuah Pengantar)
R

Oleh Muhammad Fadhli – Pebisnis Online

Perkembangan teknologi begitu pesat mempengaruhi segmen-segmen kehidupan manusia. Eksistensi jaringan internet menjadi indikator utama dalam proses pembentukan pola baru peradaban manusia dalam menjalani kehidupannya.

Kejadian ini bisa kita amati pada proses perkembangan; komunikasi, interaksi, transaksi, aktualisasi, promosi, edukasi dan lainnya. Efisiensi menjadi faktor pertimbangan, sehingga makin mempercepat laju internet merasuki sendi-sendi kebutuhan masyarakat.

Mengingat tingkat kemacetan dan terbatasnya lahan parkir menimbulkan keengganan masyarakat untuk mendatangi secara langsung sebuah toko, swalayan, supermarket. Ada kecendrungan pada mereka untuk lebih senang mendapatkan barang yang dibutuhkannya di tempat. Meskipukan mereka harus mengeluarkan delivery cost (biaya antar) dan lead time (waktu pengantaran).

Kondisi inilah yang menginspirasi bagi para pelaku bisnis untuk membangun marketing berbasis internet. Customer dipermudahkan oleh sistem sms banking, sehingga sebuah transaksi benar-benar tak membuat customer harus ke mana-mana lagi dalam bertransaksi.

Para pelaku usaha berbasis internet ini menamakan usahanya dengan bisnis online. Pertama kali usaha ini berkembang di Amerika Serikat dan benua Eropa.

Setelah tahun 2010, bisnis online semakin berkembang di Indonesia, diawali dengan boomingnya Toko Bagus, yang kemudian semakin dieksplorasi oleh OLX. Kesuksesan ini memicu pelaku usaha lainnya untuk membangun bisnis berbasis sama. Bermunculanlah beberapa nama unit usaha bisnis online yang semakin akrab bagi masyarakat di Indonesia. Seperti Tokopedia, Blibli, Ladofadoredo, Bukalapak dan lainnya. Mereka membesarkan usahanya dengan sistem dropship atau konsinyasi dengan suplayer, produsen, homeindustri , untuk ikut dalam jaringan pemasarannya dengan berbagi hasil.

Kondisi ini membuka ruang bagi kita untuk ikut serta, karena siapapun bisa jadi pelaku bisnis online, meskipun dengan keterbatasan modal dan juga tidak tertutup kemungkinan bagi seseorang yang sudah menjadi karyawan sebuah perusahaan maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS), tanpa harus melalaikan tugasnya pada profesi itu. Mengingat semakin tingginya kebutuhan hidup saat ini.

Baik bagi kalangan mahasiswa dan pelajar, mereka sedari dini bisa memulai diri untuk menjadi seorang pengusaha. Namun untuk memulai bisnis online, para pelakunya akan berhadapan dengan berbagai tantangan. Sehingga tak sedikit dari mereka berhenti sebelum memulainya.

Bagaimana untuk melahirkan sebuah bisnis online yang tepat bagi pelakunya, agar berhasil menjadi seorang pengusaha bisnis online. Mari ikuti terus Rahasia Sukses Bisnis Online di media kita ini, pada seri selanjutnya. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...
- Advertisement -

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...
- Advertisement -