25.5 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Puluhan Warga Sawahlunto Datangi DPRD. Ada Apa?
P

Kategori -

Sawahlunto – Puluhan warga Desa Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, mendatangi DPRD terkait permintaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengosongkan bangunan milik mereka yang berada di tanah perusahaan tersebut, Jumat.

Juru bicara kelompok masyarakat tersebut, Mul (45), di Sawahlunto, Jumat, mengatakan permintaan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang transportasi darat tersebut mereka terima melalui surat edaran dari PT KAI Daerah Operasional Sumbar, yang menegaskan pengosongan bangunan harus dilakukan enam hari sejak tanggal surat diterima, yakni pada Selasa (15/12).

“Rumah-rumah yang diminta untuk segera dikosongkan itu sudah mereka tandai dengan membuat tanda silang berwarna merah yang jumlah sekitar 45 unit bangunan rumah milik masyarakat kami,” kata dia.

Menurutnya, perlakuan perusahaan tersebut dinilai tidak adil dan sangat terburu-buru, sehingga menimbulkan keresahan bagi warga yang bangunannya terkena perintah pengosongan.

Padahal, lanjutnya, dalam perjanjian sewa tanah antara masyarakat dengan pihak PT KAI tercantum poin tentang hak masyarakat untuk mengosongkan tanah yang mereka sewa kepada perusahaan tersebut dilakukan dalam tenggat waktu tiga bulan, apabila lahan yang mereka sewa dibutuhkan sewaktu-waktu oleh pihak PT KAI.

“Berdasarkan pasal perjanjian tersebut, jelas PT KAI tidak bertindak profesional dan patut diduga telah melakukan tindakan ‘cedera janji’ yang mereka lakukan tanpa rasa bersalah karena telah meninggalkan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya,” kata dia.

Dia mengatakan pihaknya meminta kepada pihak pemerintah daerah untuk turun tangan dalam mengupayakan penyelesaian permasalahan yang mereka hadapi, sehingga risiko terhadap keluarga mereka akan kehilangan tempat tinggal dan bermukim bisa dihindari.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD setempat, Hasjhonni menyikapi permasalahan tersebut mengaku pihaknya sangat menyayangkan tindakan sepihak yang dilakukan oleh PT KAI tersebut.

“Kami memahami kebutuhan mereka atas lahan-lahan tersebut sekaitan akan diaktifkannya jalur kereta Sumatera yang juga melewati daerah itu,” ujar dia.

Namun, lanjutnya, dalam upaya penyelesaian hendaknya juga memperhatikan nilai-nilai sosial kemasyarakatan serta tatanan sosial masyarakat daerah itu, selaku warga negara Republik Indonesia yang memiliki hak untuk mendapatkan permukiman yang layak.

Selain itu, jelas dia, pihaknya juga mendorong pihak Pemerintah Kota Sawahlunto untuk segera melakukan langkah-langkah strategis dalam menyediakan tempat permukiman baru bagi warga yang terkena dampak pengosongan bangunan akibat program pemerintah pusat tersebut.

“Masalah ini harus menjadi perhatian bersama untuk diselesaikan, sebelum berkembang menjadi permasalahan baru yang dapat meicu konflik antara pihak PT KAI dengan masyarakat,” tegas dia.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti upaya penyelesaiannya dalam tempo sesingkat mungkin, sebagai langkah awal mereka akan segera menyurati pihak PT KAI untuk memberikan tenggat waktu yang cukup bagi masyarakat yang terkena dampak pengaktifan kembali rel kereta api tersebut.

“Langkah-langkah strategis sedang kami persiapkan, yang terpenting saat ini bagaimanan pihak PT KAI bersedia mengabulkan permintaan pihak pemerintah daerah dan masyarakat dengan menunda eksekusi lahan bangunan yang terkena dampak,” kata dia. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -