29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Puluhan Kubik Kayu Diamankan Polisi
P

Kategori -
- Advertisement -

Anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Payakumbuh dan Anggota Polsek Luhak, Dinas Kehutanan mengamankan puluhan kayu tak bertuan berbagai jenis. Puluhan kubik kayu tersebut diamankan dari beberapa tempat di daerah Jorong Sungai Ipuah Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Kayu-kayu tak bertuan tersebut ditemukan dipinggir hutan dan sawmill/ditempat pengolahan kayu. Para pemiliknya diduga telah melarikan diri saat mengetahui petugas akan melakukan penangkapan.

Operasi pada Jumat dan Sabtu (14 s/d 15 Desember) tersebut langsung dipimpin Kasat Reskrim Polres Payakumbuh, AKP. Jefrizal Jarun didampingi Kaur Reskrim. Ipda.Ismet. Karena jumlah kayu yang cukup banyak dan lokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat, Polisi terpaksa harus bolak-balik ke lokasi kayu tersebut. Kayu tersebut berhasil diamankan berkat informasi dari warga yang resah dengan aksi illegal logging tersebut. Hingga akhirnya tim gabungan Polres, Polsek dan Dinas Kehutanan melakukan razia.

“Berkat informasi dari warga yang resah dengan aktivitas penebangan kayu secara liar, kita melakukan penyelidikan. Hingga pada Sabtu dan Minggu kita berhasil mengamankan puluhan kubik kayu berbagai jenis. Diantaranya jenis Banio, Sasak, Merantih, Madang. Kayu-kayu tersebut biasanya tumbuh dikawasan hutan. Kayu berbagai ukuran tersebut kita amankan dari empat tempat pengolahan kayu dan di pinggir hutan”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Rubintoro Suhada melalui Kasat Reskrim. AKP. Jefrizal Jarun didampingi Kaur Reskrim, Ipda.Ismet, Minggu (15/12).

Meski berhasil mengamankan kayu yang diduga illegal tersebut, Polisi tidak berhasil menangkap satupun pelaku dugaan illegal logging, termasuk keempat pemilik tempat pengolahan kayu tersebut. Keempat pemilik tempat pengolahan kayu tersebut berinisial YN, SW, RE, ME. Mereka diduga mengetahui bahwa petugas akan datang, sehingga lebih dahulu melarikan diri.

Lokasi penemuan kayu dan tempat pengolahan tersebut juga telah diberi Police Line Oleh Polisi. Barang bukti kayu tersebut hingga kini masih diamankan di Mapolres Payakumbuh.(jpnn)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img