26.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Proyek PLP-BK Senilai RP1 M di Tambago Diresmikan Walikota

Kucuran dana APBN Rp1 Miliyar buat kawasan Tambago di Kelurahan Taratak Padang Kampuang, Kecamatan Payakumbuh Utara, dimanfaatkan warga setempat buat pembangunan fisik untuk kepentingan publik dan kegiatan peningkatan usaha ekonomi produktif. Proyek dari program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) tersebut diresmikan Walikota H. Riza Falepi bersama Ketua DPRD YB. Dt.Parmato Alam, Minggu (21/2).

Kehadiran Walikota Riza Falepi bersama Ketua DPRD YB.Dt. Parmato Alam itu,  disambut hangat warga setempat. Para petani yang tergabung dalam Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) ikut membuka bazar, menjual hasil produksi tanaman holtikulturanya. Remaja kelurahan pun, ikut menyambut petinggi kota ini dengan tarian pasambahan.

Koordinator Kota  III PLP-BK Payakumbuh Ernita,  menyampaikan sejumlah pembangunan yang dibiayai dengan Rp1 Miliyar itu. Di antaranya, betonisasi jalan, pembuatan sistem drainase, plat douceker, pembangunan jalan refleksi, pembangunan dam tali bandar dan rehap rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni.  Sedangkan kegiatan non fisiknya yang menghabiskan dana Rp150 juta, diperuntukkan buat perencanaan dan biaya operasional lainnya.

Peresmian proyek tersebut,  ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh walikota. Usai peresmian proyek, Walikota Riza Falepi langsung membuka Bazar PLP-BK. Produksi pertanian yang dijual LKM  Khairul Ummah Kelurahan Taratak Padang Kampuang, sayur-sayuran, cabe dan jagung.

Hadir dalam peresmian ini  Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Kadis PU diwakili Kabid Cipta Karya Delni Putra,  anggota DPRD Dapil 2  H.I Dt. Rajo Muntiko Alam yang juga Ketua KAN Koto Nan Gadang, H. Dt. Mangkuto, Ahmad Rida, Muspika, Lurah Afrizal, Ketua LPM A.Dt. Patiah Baringek, Koordinator LKM Khairul Ummah Ade Kurniawan beserta tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya.

Kabid Cipta Delni Putra menjelaskan, penetapan program PLP-BK untuk kelurahan setempat, karena  jumlah penduduk miskin di daerah itu sangat banyak, melebihi dari kelurahan lainnya di Payakumbuh Utara. Sasarannya, untuk menjadikan kelurahan setempat menjadi lingkungan sehat dan asri.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, program pembenahan lingkungan ini, seyogianya disukuri dengan peningkatan partisipasi, lewat pemeliharaan prasarana yang dibangun. Dana pemko sangat terbatas dalam merubah wajah kelurahan. Karena itu, bantuan program ini akan terus dikembangkan ke kelurahan lain, sepanjang peran serta masyarakat makin tinggi dalam pembangunan, tegasnya.

Sedangkan,  Ketua DPRD YB.Dt.Permato Alam memberikan apresiasi pada masyarakat Kelurahan Taratak Padang Kampuang yang telah melaksanakan program partisipatif dengan baik. Kegiatan itu, merupakan  momentum yang tepat membudayakan semangat kebersamaan dan kekeluargaan dalam membangunan nagari, katanya.

Sementara itu Ketua LPM Taratak Padang Kampuang A.Dt.Patiah Barigek mengaku bersyukur dengan adanya proyek PLP-BK tersebut. “Jika sebelumnya lingkungan di Tambago kurang tertata, kumuh, jalan kecil sekarang sudah tertata rapi dan sehat. Terima kasih pak walikota dan ketua DPRD  atas perhatiannya ke kelurahan kami,” ujar Ketua LPM ini.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BPBD Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Untuk 2 Korban Kebakaran Di Parik Rantang

Payakumbuh — Dua pemilik rumah korban kebakaran hebat di Kelurahan Parik Rantang RT 05 RW 04, pada Minggu (18/10/2020) pagi langsung mendapat...

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

Terkejut Langsung Sidang,Tergugat Perdata Merasa Di Jebak Pengadilan Negeri Batusangkar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tergugat dalam sengketa perkara perdata Nomor 20/Pdt.G/2020/PN Bsk Tanggal 09 Oktober 2020,terkejut langsung di sidangkan laporan Pelapor atas gugatan...

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -