27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PJU Dan Jalan Berlombang Dikeluhkan Jemaah Pada Walikota
P

Kategori -
- Advertisement -

Penerangan Jalan Umum (PJU) yang kurang memadai serta jalan yang berlobang dikeluhkan jemaah atau warga Kelurahan Parambahan, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Warga mendesak, agar pemko segera menambah PJU serta memperbaiki badan jalan yang bopengan itu.

“Kami berharap jangan sampai ditunda tahun depan, kalau bisa sebelum lebaran ini pemko sudah menambah PJU dan memperbaiki badan jalan berlobang di kawasan Parambahan ini, pak walikota,” ucap Dedi Kurniawan, salah seorang jemaah kepada walikota yang memimpin rombongan TSR (Tim Safari Ramadhan) Kelompok II di Masjid Muttahidin Parambahan, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Sabtu (5/7).

Kunjungan TSR Walikota Riza Falepi ke Parambahan, didampingi Kadisduk Capil Mediar Indra, Kepala Bappeda Ridha Ananda, Kabid Bina Marga Zul Arman, serta Kabag Kesra Yonrefli serta Sekcam Latina, David Bachri. Selain menampung aspirasi dan menginformasikan pembangunan kota, TSR juga menyerahkan 2 gulung tikar shalat buat masjid.

Menurut Dedi, dengan PJU yang cukup akan menambah gairah warga ke luar rumah, guna mengunjungi masjid dan mushalla di malam Ramadhan, selain akan mampu memelihara keamanan lingkungan kelurahan. Bagitu juga terhadap jalan yang berlobang, dikatakan, mengancam keselamatan pemakai jalan. Jemaah khawatir, korban akan berjatuhan.

Menjawab keluhan warga tersebut, Walikota Riza mengatakan, akan segera mencarikan solusi dengan menunjuk SKPD terkait untuk segera tanggap menangani masalah ini. Namun, Wako menambahkan, untuk menambah lampu jalan, masih belum bisa dilakukan. Selain terkendala anggaran, beban biaya listrik dari lampu penerangan jalan di seluruh Payakumbuh, telah membebani APBD Kota.

“Beban pemko terhadap PJU ini sudah mencapai Rp7 M per tahun. Karena itu, pemko tengah merencanakan mengganti PJU dengan yang hemat biaya, yaitu memprogramkan pemakaian lampu sollar cell (energi matahari) atau lampu LED (hemat energi). Jika berjalan baik, maka PJU akan lebih merata keseluruh kelurahan,” sebut walikota.

Walau begitu, jika mendesak, walikota meminta Dinas PU, untuk memindahkan PJU yang letaknya kurang strategis, untuk dipindahkan ke Parambahan. “Tentunya PJU yang masih berfungsi dengan baik, bukan yang rusak yang akan dipindahkan kesini” ujar Wako Riza setengah bercanda.

Mengenai perbaikan jalan, Dinas Pekerjaan Umum juga berencana memperbaiki jalan yang rusak dan berlubang di kawasan Latina. Terutama di persimpangan Koto Panjang Dalam. Sejumlah bahu jalan pun akan dilakukan betonisasi, ucap Kabid Binamarga Zul Arman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img