26 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

PFK dan PFW, Iven Dunai di Daerah
P

Kategori -

Kegiatan Payakumbuh Fashion Week (PFW) 2014, yang diangkat Dekranasda di bawah pimpinan Dr. Henny Riza Falepi,  ditabuh Gubernur Sumatera Barat diwakili Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Sabtu (24/5). Iven berstandar dunia ini yang digelar di Kota Batiah itu, diawali dengan Payakumbuh Fashion Karnaval (PFK), melewati jalan protokol di jantung kota. Ribuan warga tumpah menyaksikan. Ruas Jalan Sukarno-Hatta dan Payakumbuh  ditutup lebih kurang dua jam.

 

Tidak hanya warga kota  yang turun di jalan raya menyaksikan  PFK, tapi juga sejumlah tamu dari luar, para perancang mode  ibukota. Di antaranya, ikut isteri  Wakil Walikota Depok Ny. Idris Abdul Shomad,  sejumlah Direksi Bank Nagari Sumatera Barat, seperti H. Yohanes, Kepala Bank Nagari Payakumbuh, Edrizanof. Selain itu juga hadir Wawako  H. Suwandel Muchtar, Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Asisten II Amriul, Ketua GOW Hj. Rasyidah Suwandel serta sejumlah pimpinan SKPD.

 

Payakumbuh Fashion Karnaval, diikuti puluhan murid TK, SD dan SMP, serta dimeriahkan dua unit drumb band itu, tampak semarak dan memukau ribuan masyarakat di pinggir jalan dari Simpang Parit Rantang menuju mimbar utama di depan Kantor PT Pos Payakumbuh. Busana dengan tema kupu-kupu dan bunga yang diperagakan bocah TK/SD dan pelajar SMP  itu,  mengundang decak kagum penonton.

 

Peserta berlenggang lenggok disepanjang jalan, tak kalah dengan model top yang sudah terbiasa berjalan di atas catwalk. Dunia fashion Payakumbuh benar-benar bergairah. Dua unit drumb band dari SMAN 2 dan SMPN 4, menyemangati peserta PFK.

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, nyaris tak percaya kalau iven sekelas Payakumbuh Fashion Week yang dimeriahkan dengan Payakumbuh Fashion Karnaval itu akan menyentak dan menggelegarkan kota ini. Meski iven kecil di kota sedang, tapi mampu dan menjadi magnit bagi tamu yang datang ke Payakumbuh. Dunia fashion atau industri kreatif di kota ini, diyakini bakal lebih bergairah ke depan.

 

Menurut Walikota Riza Falepi, pertumbuhan ekonomi Payakumbuh, tertinggi di Sumatera Barat, 6,89%.  Di atas rata-rata nasional dan Sumatera Barat. Pertumbuhan ekonomi itu, mayoritas ditentukan oleh pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM)  di Payakumbuh. Pelaku UMKM telah memberikan kontribusi yang besar terhadap Payakumbuh dan kesejahteraan warganya.  Angka pengangguran dan keluarga miskin  terbilang kecil di Payakumbuh. Kota ini berdenyut selama 24 jam.

 

Walikota Riza Falepi berharap, ke depan, iven PFW dan PFK  dikemas lebih baik dengan promosi yang lebih gencar. Iven ini, dikatakan, bakal mampu mempercepat  pergerakan ekonomi secara positif dan akan membuat Payakumbuh menjadi terkenal di seantero Indonsia dan mancanegara. Momen ini harus dimanfaatkan untuk peningkatan mutu produksi dunia industri fashion Payakumbuh, tegas walikota.

 

Ketua Dekranasda Payakumbuh Dr. Henny Riza Falepi, melaporkan,  tahun depan pihaknya bersama Asosiasi Pengusaha Perancang Model Indonesia (APPMI) Sumatera Barat, akan menggelar kegiatan ini lebih luas, dan go internasional. Tema yang diangkat emerging treasure, mengangkat kembali budaya yang selama ini tenggelam, atau mambangkik batang tarandam, tekad yang harus terwujud dalam iven ini. Henny punya obsesi dunia industri kerajinan tenun, bordir, dan songket Payakumbuh akan lebih terkenal di pentas nasional dan internasional.

 

Menurutnya, dukungan APPMI Pusat dan APMMI Sumatera Barat bersama media partner dari MNC livestyle dan MNC fashion, serta majalah fashion Trend Khasanah,  Majalah NooR, Wardah, berbagai sponsor termasuk media Sumatera Barat, membuat Dekranasda dan APMMI termotivasi untuk menjadikan iven ini lebih mendunia. “Payakumbuh Fashion Week Payakumbuh siap  go internasional tahun depan,” tegas Henny yang masih tercatat sebagai dosen pasca sarjana di ITB ini.

 

Gelar acara Payakumbuh Fashion Week yang akan berakhir Selasa (24/5) itu, dimeriahkan dengan pameran industri UMKM, pameran kuliner, lomba desain busana muslim, lomba tata rias atau make up, dan lomba pacu terbang itik. Selain itu, juga diisi dengan seminar hijab dan seminar make up penganten. Sebanyak 13 perancang anggota  APMMI Nasional dan Sumatera Barat dan 40 model papan atas dari Jakarta dan Padang, ikut tampil dalam PFW ini.

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -