30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pessel Dihantam Gelombang, Delapan Rumah Rusak
P

Kategori -
- Advertisement -

Singgalang Sebanyak 8 unit rumah warga di sepanjang pantai Muara Kandis dan Muaro Gadang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pessel rusak akibat diterjang gelombang, Sabtu (27/12).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun warga mengalami kerugian materi. Warga kini cemas akan datangnya gelombang serupa, sehingga mereka harus berjaga-jaga siang dan malam hari.

Kepala BPBD Pessel, Doni Gusrizal kemarin mengaku, pihaknya telah menerjunkan sejumlah petugas untuk melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

Untuk sementara, laporan yang diterima dari petugas, rumah yang rusak diterjang gelombang berjarak 10 hingga 15 meter dari bibir pantai, dan umumnya rumah permanen.

“Warga kini diimbau agar selalu waspada, karena kondisi cuaca yang berubah-ubah dalam sekejap. Kemudian, jarak rumah dengan bibir pantai sangat dekat,” ujarnya.

Sementara Dinas PSDA Pessel juga telah menurunkan 500 karung pasir untuk penanganan darurat di sepanjang pantai yang terkena abrasi.

Secara terpisah Ketua Bamus Nagari Muaro Kandih, Yuang Aman mengungkapkan, setidaknya 5 rumah di nagarinya rusak berat yaitu milik Ilen Piris (45), Supardi Iset (35), Ujang Tasar (40) dan Irel (30).

Kemudian dua pondok milik, Datuk Silan (60) dan Isek (35). Kini jarak beberapa rumah warga dengan bibir pantai semakin dekat seiring tingginya intensitas abrasi.

“Kami berharap kepada pemerintah segera melakukan penanganan dengan membangun jety atau grib agar mampu menahan terjangan gelombang. Akan tetapi, penanggulangan darurat mesti dilakukan secara cepat,” tukasnya. (singgalang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img