25.7 C
Padang
Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pesantren Ramadhan Pelajar Dikunjungi Wawako dan Sekdako
P

Kategori -
- Advertisement -

Kegiatan Pesantren Ramadhan pada 90 masjid dan mushalla diseluruh kelurahan di Kota Payakumbuh, secara serentak mulai digelar   Rabu (16/7). Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Sekdako H. Benny Warlis, MM, secara maraton menghadiri kegiatan Pesantren Ramadhan di kalangan pelajar tersebut.

Tiga masjid yang dikunjungi Wawako Suwandel Muchtar Rabu kemarin, masing-masing Masjid Al-Ihsan Kelurahan Tanjung Gadang, Masjid Nurul Islam Kelurahan Ibuah, dan Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Payolasek, ketiganya di Kecamatan Payakumbuh Barat. Senin sebelumnya, Pesantren Ramadhan melibatkan 31.000 lebih  pelajar SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/MA itui, dibuka Walikota Riza Falepi, dalam acara apel akbar di GOR Kubu Gadang.

Pesantren Ramadhan  akan berlangsung hingga 23 Juli mendatang. Pelajar kelas IV/V/VI SD memulainya lebih awal, sejak subuh hingga pukul 09.00 WIB. Berikutnya, siswa SMA/SMK/MA, dari pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB. Habis itu, disusul pelajar SMP/MTs dari pukul 13.00 sampai shalat ashar.

Dalam kunjungan ke masjid-masjid itu, Wawako Suwandel Muchtar, mengajak seluruh pelajar benar-benar mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan dengan baik dan serius. Dikatakan, memuliakan  bulan suci Ramadhan dengan materi yang lebih fokus keislaman, akan dapat membentuk pelajar berakhlak mulia.  Dari dini, pelajar diajak membiasakan diri dan berlomba untuk semakin meningkatkan amalan.

Wawako  berharap,  agar ketika selesai pesantren, santri dapat membiasakan diri melakukan amalan seperti saat Ramadhan, dan tentu akan menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bertaqwa sebagaimana tujuan akhir dari bulan Ramadhan.

Nada yang sama juga disampaikan Sekdako H. Benny Warlis, ketika bertemu dengan santri di Masjid Padang Datar. Menurutnya, Pesantren Ramadhan wadah  melahirkan santri atau pelajar  yang bertaqwa, yang mampu beramal terbaik tidak hanya ketika Ramadhan, terlebih setelah selesai Ramadhan, katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img