26 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Perwakilan Ombudsman Sumbar Sosialisasi ke Payakumbuh

Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Yoenafri, SH, M.Hum, hadir di Payakumbuh, Selasa (20/10). Kehadirannya, untuk mensosialisasikan keberadaan ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik di provinsi Tuah Sakato ini.

Di Payakumbuh, Yoenafri memaparkan secara detail, tentang tugas pokok dan fungsi ombudsman kepada 50 guru SLTP/SLTA, pejabat Badan Kepegawaian Daerah,  camat, pimpinan SKPD dan pejabat di jajaran Kantor Kementerian Agama Payakumbuh, dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh.  Pada pertemuan itu, Asisten I Setdako Yoherman, SH, S. Sos, ikut memaparkan tentang keterbukaan informasi publik, yang tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2008.

Kunjungan Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman ke Payakumbuh, diapresiasi Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman, saat membuka acara. Dengan harapan, ke depan mutu pelayanan publik disetiap lembaga pemerintah, sekolah dan seluruh SKPD berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Indeks kepuasan masyarakat itu, akan terwujud, jika pada tempat-tempat pelayanan publik sudah mempunyai SOP (standar operasional prosedur). Bagi SKPD pelayanan yang belum memiliki SOP, sesegeranya dapat membuat standar operasional prosedur itu, tegas Yoherman.

Sementara itu, dalam acara sosialisasi, Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman Sumatera Barat, Yoenafri, memberi angin segar kepada peserta, agar tak sungkan-sungkan membuat laporan kepada Ombudsman, jika menerima perlakuan yang tidak baik dari pimpinan. Misalnya, tindakan kesewenang-wenangan pimpinan dalam soal pangkat dan jabatan, sehingga merugikan pegawai bersangkutan.

Begitu juga, terhadap pegawai yang tidak mendapatkan pelayanan baik pada instansi lain, juga dapat membuat pengaduan ke Ombudsman. Tapi, menurut Yoenafri, laporan yang dibuat harus berdasarkan fakta dan data yang akurat, dengan melampirkan KTP.

“Dan sebaiknya, sebelum membuat laporan, melakukan evaluasi diri, apakah tindakan kita sudah baik selama ini. Jangan hanya pintar mengadukan orang, sementara diri sendiri juga bermasalah,” ingatnya.

Dikatakan Yoenafri, Ombudsman tetap dengan misinya untuk memberi dorongan agar aparat publik mampu menjalankan fungsinya secara baik. Bagaimanapun Ombudsman sebagai institusi pengawasan tetap berjalan ditempatnya agar penyelenggara negara  segera berjalan cepat menuju ke arah pemerintahan yang baik.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketum DPN LPPKI Jadi Narsum Di Talkshow Peringatan Hari Konsumen Nasional

Padang,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Komsumen Indonesia (LPPKI) Azwar Siri.SH.Med.CPL menjadi narasumber dalam acara talkshow yang...

Limapuluh Kota, Minggu Sore kelok Sembilan Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota digegerkan dengan ditemukan seseorang yang jatuh ke jurang. 

Kamis, 18 Warga Payakumbuh Positif Corona

Payakumbuh, - Kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh terus membumbung. Kamis (22/10) ini, terjadi kenaikan positif virus corona disease sebanyak 18 orang....

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -