22 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Persib Juara Indonesia Super League 2014
P

Kategori -

Dapatkan dukungan dari Bobotoh yang datang langsung dari Bandung tak membuat Persib Bandung mengawali pertandingan dengan mudah. Justru Persipura yang mampu menggebrak lewat serangan sayap mengandalkan kecepatan para pemain Mutiara Hitam.

Hasilnya, Persipura mampu unggul cepat lewat gol Ian Louis Kabes saat pertandingan baru berjalan enam menit. Mendapatkan umpan terukur dari Gerald Pangkali, Kabes sukses menaklukkan I Made Wirawan dengan tendangan mendatar.

Tertinggal lewat gol cepat Louis Kabes, Maung Bandung tersentak. Pada menit ke-16 Konate Makan mencoba peruntungan lewat tendangan keras di depan kotak penalti lawan. Sayang tendangannya belum menemui sasaran.

Persib Bandung sukses mengakhiri kerinduan mereka akan gelar Indonesia Super League setelah mengalahkan Persipura Jayapura di partai final ISL 2014. Bermain di Stadion Jakabaring Palembang, Maung Bandung menang lewat adu penalti dengan skor 5-3 setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

Pertandingan semakin seru memasuki menit ke-20. Firman Utina memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas. Sayang peluang tersebut gagal dimaksimalkan Utina setelah tendangannya membentur pagar hidup Persipura. Begitu juga dengan peluang dari Tantan pada menit ke-25 yang masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Di masa injury time babak pertama, Mutiara Hitam harus bermain dengan 10 pemain setelah Bio Paulin mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar Ferdinand Sinaga, dan Persib mendapatkan hadiah tendangan bebas. Petaka pun datang bagi Persipura, tendangan bebas Utina mampu menghasilkan kemelut di dalam kotak penalti dan memaksa Emanuel Wanggai mencetak gol bunuh diri. Skor imbang 1-1 mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Persib Bandung yang unggul jumlah pemain langsung tancap gas. Pada menit ke-53, Muhammad Ridwan sukses membalikkan kedudukan setelah tendangannya memanfaatkan umpan Utina mampu bersarang di pojok gawang Persipura. Skor berbalik 2-1 untuk keunggulan Maung Bandung.

Tertinggal, Persipura mencoba lebih agresif memberikan tekanan ke pertahanan Persib lewat serangan balik. Masuknya Ferinando Pahabol menjadi petaka bagi Persib. Pahabol menjadi aktor dari gol penyama kedudukan yang dicetak oleh Boaz Solossa pada menit ke-79.

Pahabalo yang merangsek dari sisi kiri pertahanan Persib mampu memberikan umpan kepada Robertino Pugliara. Melihat Boaz tanpa kawalan, Pugliara pun dengan cepat memberikan umpan kepada kapten Persipura tersebut. Tanpa cela, Boaz sukses menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga waktu normal selesai.

Permainan imbang 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan lewat perpanjangan waktu. Pada menit ke-92, Persib mendapatkan peluang lewat Konate Makan. Sayang tendangan Konate masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Dede Sulaeman.

Persib terus mencoba untuk memberikan tekanan kepada pertahanan Persipura. Namun beberapa peluang dari Makan Konate, Ferdinand Sinaga hingga Atep masih belum menemui sasaran.

Di perpanjangan waktu babak kedua, Persib tak mengendurkan serangan. Menit ke-107, Atep nyaris mencetak gol, namun kembali Dede Sulaiman mampu menggagalkan peluang tersebut.

Pada menit ke-110, Persib yang terus menggempur Persipura justru harus kehilangan pemain setelah Vladimir Vujovic mendapatkan kartu kuning kedua. Kartu kuning tersebut diberikan karena wasit menilai Vujovic mencoba menyundul bola yang berada di dekapan kiper Dede Sulaiman.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain, permainan kembali berimbang. Baik Persipura dan Persib bergantian melakukan serangan, namun hingga pertandingan usai, skor 2-2 tak berubah dan membuat laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, Persib sukses besar. Seluruh algojo mereka sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Konate Makan, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto dan Achmad Jufriyanto sukses mengeksekusi penalti. Sementara di kubu Persipura, tiga penendang pertama, Boaz Solossa, Ferinando Pahabol dan Robertino Pugliara sukses, sedangkan penendang keempat Nelson Alom gagal menjalankan tugasnya. Persib pun keluar sebagai pemenang dan memastikan gelar Indonesia Super League 2014 berada dalam genggaman mereka. (bola/dzi/rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...
- Advertisement -