31 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Peringati Hari Bhakti ke-75, Dinas PUPR Kota Payakumbuh Lakukan Program Berbagi dan Ganjar ASN Juga THL Dijajarannya
P

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com, — Sejarah mencatat peringatan Hari bakti PU ini berawal dari kisah heroik para pegawai PU tak lama setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan. Hari Bakti PU Lahir dari Kisah Heroik 21 Pegawainya di Gedung Sate, Bandung pada tanggal 3 Desember 1945 yang lampau, dan untuk mengenang perjuangan pahlawan dari Departemen PU tersebut, maka selalu diperingati setiap pada tanggal 3 Desember sebagai hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) setiap tahunnya. 

Dan kembali pada 3 Desember 2020 ini Kementrian Pekerjaan Umum (PU) melaksanakan peringatan Hari Bhakti PU ke-75, dan tanpa terkecuali bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Payakumbuh yang turut memperingati hari gugurnya pahlawan Departemen PU tersebut.

“Saat mempertahankan kemerdekaan yang baru diraih pada 17 Agustus 1945 yang silam, sebanyak 7 orang pegawai dari Departemen PU gugur dalam pertempuran dengan penjajah. Dan untuk mengenang ke-7 orang tersebut, maka mereka ini disebut sebagai pahlawan Sapta Taruna”, ucap Muslim kepala Dinas PUPR kota Payakumbuh saat mengenang kembali peristiwa heroik tersebut ketika didapuk jadi inspektur upacara Hari Bhakti ke-75 yang berlangsung di halaman kantor Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut, Muslim mengatakan jika peringatan Hari Bhakti ke-75 di tahun 2020 ini mengusung tema “Bhakti PUPR Tetap Membangun Infrastruktur Negeri Ditengah Pandemi” supaya tujuan Payakumbuh Menang City of Randang dapat tercapai.

Pembangunan infrastruktur haruslah akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sekedar membangun saja akan tetapi kita juga harus melihat aspek pembangunan itu, dimana dengan dilakukan pembangunan tersebut apakah akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat”, ujar Muslim.

“Dan karna itu, pembangunan infrastruktur haruslah fokus untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan sektor usaha kecil dan menengah, pengembangan pariwisata sehingga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan atas tujuan ini”, ujar Muslim melanjutkan.

Oleh karna itu, Muslim menuturkan jika sudah saatnya dilakukan pembangunan untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan, sentra pertanian, sentra industri serta menghubungkan objek wisata dengan sentra pemasaran.

Dalam kesempatan itu, Muslim juga menyampaikan jika Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Payakumbuh menunjukan pencapaian kinerja yang luar biasa di tahun 2020.

Diantaranya ;
1. Kesesuaian pemanfaatan ruang mencapai 99,9%
2. Daerah irigasi berkinerja baik mencapai 100,39%
3. Ketersediaan fasilitas umum perkotaan mencapai 99,32%
4. Panjang jalan status kota kondisi mantap mencapai 99,63%
5. Sistem drainase skala kota mencapai 99,50%
6. Pelayanan air minum mencapai 98,02%
7. Penataan sungai mencapai 100%, dan
8. Nilai AKIP SKPD mencapai 100%

“Alhamdulillah, atas pencapaian dari hasil kerja keras dan kerjasama kita di tahun 2020 ini, terutama pencapaian dalam pembangunan, kita juga telah meraih banyak penghargaan dari tingkat provinsi maupun nasional. Dan terakhir dinas PUPR telah menerima penghargaan dari KPK-RI atas Praktek Baik Tingkat Provinsi Maupun Pemberian Perizinan Berusaha”, ungkap Muslim.

Sejalan dengan semangat perjuangan Hari Bhakti PUPR ke-75, Muslim mengajak seluruh Pegawai Dinas PUPR kota Payakumbuh untuk selalu memotivasi diri dalam bekerja terutama dalam melaksanakan tugas berat pembangunan infrastruktur yang diamanahkan meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Dan dalam peringatan Hari Bhakti ke-75 itu, Dinas PUPR kota Payakumbuh sebelumnya telah melaksanakan banyak kegitan acara dalam memeriahkannya, dan tepat pada hari puncak peringatan Hari Bhakti ke-75, Dinas PUPR kota Payakumbuh juga turut memberikan penghargaan dan apresiasi untuk seluruh pegawai yang berprestasi, baik ASN dan maupun THL selama tahun 2020. Serta juga Dinas PUPR dalam kesempatan tersebut turut laksanakan program berbagi kepada masyarakat dan pensiunan kurang mampu Dinas PUPR Kota Payakumbuh.

Adapun penghargaan yang diberikan untuk THL Teladan pada Hari Bhakti ke-75 diberikan kepada 6 orang Tenaga Harian Lepas (THL), di antaranya ;

1. Fitri Izziati, A, MD unit kerja bidang Cipta Karya,
2. Deby Pranasari, S, TP. unit kerja bidang Sekretariat,
3. Rio Tennovilo unit kerja bidang UPTD,
4. M. Daniel Ikhsan unit kerja bidang Penataan Ruang,
5. Karya Mas Putra unit kerja bidang Bina Marga dan,
6. Fasrizal unit kerja Bidang Sumber Daya Air.

Dan penghargaan untuk ASN kategori Pelaksana Berprestasi ada sebanyak 6 orang yang menerima Piagam penghargaan pada Hari Bhakti ke-75, diantaranya ;

1. Ilham Hidayat, ST unit kerja bidang Bina Marga,
2. Harlen Veneza, ST unit kerja bidang Sekretariat,
3. Rustana MHY, ST unit kerja bidang Sumber Daya Air,
4. Novelliadi, SH unit kerja bidang Bina Kontruksi dan Perizinan Bangunan,
5. Rico Yonesfa, ST unit kerja Bidang Cipta Karya dan,
6. Suryadi Muchlis, ST unit kerja bidang & Penata Ruang.

Dan pada kategori ASN Struktural Berkinerja Istimewa, diraih oleh 6 orang yang menerima Piagam penghargaan dari Dinas PUPR Payakumbuh, diantaranya ;

1. Nina Munawaroh, ST, MT unit kerja Bidang Sumber Daya Air,
2. Murdifin, ST, M. S.i unit kerja bidang Penataan Ruang,
3. Zulkifli, ST unit kerja Bidang Bina Kontruksi dan Perizinan Bangunan,
4. Tomi Ariadi, ST, MT unit kerja bidang Cipta Karya,
5. Fifella Aziza, ST, M, Sc, M, Eng unit Kerja bidang Sekretariat dan,
6. Henny Gusti Ningsih, S, Pt, M. Si unit Kerja bidang Bina Marga.

Sementara itu untuk Piagam Penghargaan dalam Praktik Baik Pencegahan Korupsi dalam  Pemanfaatan Peta Digital dalam pelayanan Perizinan Terbaik Nasional diraih oleh Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR kota Payakumbuh.

Peringatan Hari Bhakti ke-75 Dinas PUPR kota Payakumbuh berlangsung dengan sederhana, dan lebih fokus pada upaya meningkatkan jalinan hubungan kerjasama dan kekeluargaan secara intern serta memperkuat nilai, tekad dan komitmen jajaran PUPR kota Payakumbuh dalam pembangunan infrastruktur yang lebih handak dan akuntabel. (relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -