25 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Peringati Hari Bhakti ke-75, Dinas PUPR Kota Payakumbuh Lakukan Program Berbagi dan Ganjar ASN Juga THL Dijajarannya
P

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com, — Sejarah mencatat peringatan Hari bakti PU ini berawal dari kisah heroik para pegawai PU tak lama setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan. Hari Bakti PU Lahir dari Kisah Heroik 21 Pegawainya di Gedung Sate, Bandung pada tanggal 3 Desember 1945 yang lampau, dan untuk mengenang perjuangan pahlawan dari Departemen PU tersebut, maka selalu diperingati setiap pada tanggal 3 Desember sebagai hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) setiap tahunnya. 

Dan kembali pada 3 Desember 2020 ini Kementrian Pekerjaan Umum (PU) melaksanakan peringatan Hari Bhakti PU ke-75, dan tanpa terkecuali bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Payakumbuh yang turut memperingati hari gugurnya pahlawan Departemen PU tersebut.

“Saat mempertahankan kemerdekaan yang baru diraih pada 17 Agustus 1945 yang silam, sebanyak 7 orang pegawai dari Departemen PU gugur dalam pertempuran dengan penjajah. Dan untuk mengenang ke-7 orang tersebut, maka mereka ini disebut sebagai pahlawan Sapta Taruna”, ucap Muslim kepala Dinas PUPR kota Payakumbuh saat mengenang kembali peristiwa heroik tersebut ketika didapuk jadi inspektur upacara Hari Bhakti ke-75 yang berlangsung di halaman kantor Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut, Muslim mengatakan jika peringatan Hari Bhakti ke-75 di tahun 2020 ini mengusung tema “Bhakti PUPR Tetap Membangun Infrastruktur Negeri Ditengah Pandemi” supaya tujuan Payakumbuh Menang City of Randang dapat tercapai.

Pembangunan infrastruktur haruslah akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sekedar membangun saja akan tetapi kita juga harus melihat aspek pembangunan itu, dimana dengan dilakukan pembangunan tersebut apakah akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat”, ujar Muslim.

“Dan karna itu, pembangunan infrastruktur haruslah fokus untuk memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan sektor usaha kecil dan menengah, pengembangan pariwisata sehingga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan atas tujuan ini”, ujar Muslim melanjutkan.

Oleh karna itu, Muslim menuturkan jika sudah saatnya dilakukan pembangunan untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan, sentra pertanian, sentra industri serta menghubungkan objek wisata dengan sentra pemasaran.

Dalam kesempatan itu, Muslim juga menyampaikan jika Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Payakumbuh menunjukan pencapaian kinerja yang luar biasa di tahun 2020.

Diantaranya ;
1. Kesesuaian pemanfaatan ruang mencapai 99,9%
2. Daerah irigasi berkinerja baik mencapai 100,39%
3. Ketersediaan fasilitas umum perkotaan mencapai 99,32%
4. Panjang jalan status kota kondisi mantap mencapai 99,63%
5. Sistem drainase skala kota mencapai 99,50%
6. Pelayanan air minum mencapai 98,02%
7. Penataan sungai mencapai 100%, dan
8. Nilai AKIP SKPD mencapai 100%

“Alhamdulillah, atas pencapaian dari hasil kerja keras dan kerjasama kita di tahun 2020 ini, terutama pencapaian dalam pembangunan, kita juga telah meraih banyak penghargaan dari tingkat provinsi maupun nasional. Dan terakhir dinas PUPR telah menerima penghargaan dari KPK-RI atas Praktek Baik Tingkat Provinsi Maupun Pemberian Perizinan Berusaha”, ungkap Muslim.

Sejalan dengan semangat perjuangan Hari Bhakti PUPR ke-75, Muslim mengajak seluruh Pegawai Dinas PUPR kota Payakumbuh untuk selalu memotivasi diri dalam bekerja terutama dalam melaksanakan tugas berat pembangunan infrastruktur yang diamanahkan meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Dan dalam peringatan Hari Bhakti ke-75 itu, Dinas PUPR kota Payakumbuh sebelumnya telah melaksanakan banyak kegitan acara dalam memeriahkannya, dan tepat pada hari puncak peringatan Hari Bhakti ke-75, Dinas PUPR kota Payakumbuh juga turut memberikan penghargaan dan apresiasi untuk seluruh pegawai yang berprestasi, baik ASN dan maupun THL selama tahun 2020. Serta juga Dinas PUPR dalam kesempatan tersebut turut laksanakan program berbagi kepada masyarakat dan pensiunan kurang mampu Dinas PUPR Kota Payakumbuh.

Adapun penghargaan yang diberikan untuk THL Teladan pada Hari Bhakti ke-75 diberikan kepada 6 orang Tenaga Harian Lepas (THL), di antaranya ;

1. Fitri Izziati, A, MD unit kerja bidang Cipta Karya,
2. Deby Pranasari, S, TP. unit kerja bidang Sekretariat,
3. Rio Tennovilo unit kerja bidang UPTD,
4. M. Daniel Ikhsan unit kerja bidang Penataan Ruang,
5. Karya Mas Putra unit kerja bidang Bina Marga dan,
6. Fasrizal unit kerja Bidang Sumber Daya Air.

Dan penghargaan untuk ASN kategori Pelaksana Berprestasi ada sebanyak 6 orang yang menerima Piagam penghargaan pada Hari Bhakti ke-75, diantaranya ;

1. Ilham Hidayat, ST unit kerja bidang Bina Marga,
2. Harlen Veneza, ST unit kerja bidang Sekretariat,
3. Rustana MHY, ST unit kerja bidang Sumber Daya Air,
4. Novelliadi, SH unit kerja bidang Bina Kontruksi dan Perizinan Bangunan,
5. Rico Yonesfa, ST unit kerja Bidang Cipta Karya dan,
6. Suryadi Muchlis, ST unit kerja bidang & Penata Ruang.

Dan pada kategori ASN Struktural Berkinerja Istimewa, diraih oleh 6 orang yang menerima Piagam penghargaan dari Dinas PUPR Payakumbuh, diantaranya ;

1. Nina Munawaroh, ST, MT unit kerja Bidang Sumber Daya Air,
2. Murdifin, ST, M. S.i unit kerja bidang Penataan Ruang,
3. Zulkifli, ST unit kerja Bidang Bina Kontruksi dan Perizinan Bangunan,
4. Tomi Ariadi, ST, MT unit kerja bidang Cipta Karya,
5. Fifella Aziza, ST, M, Sc, M, Eng unit Kerja bidang Sekretariat dan,
6. Henny Gusti Ningsih, S, Pt, M. Si unit Kerja bidang Bina Marga.

Sementara itu untuk Piagam Penghargaan dalam Praktik Baik Pencegahan Korupsi dalam  Pemanfaatan Peta Digital dalam pelayanan Perizinan Terbaik Nasional diraih oleh Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR kota Payakumbuh.

Peringatan Hari Bhakti ke-75 Dinas PUPR kota Payakumbuh berlangsung dengan sederhana, dan lebih fokus pada upaya meningkatkan jalinan hubungan kerjasama dan kekeluargaan secara intern serta memperkuat nilai, tekad dan komitmen jajaran PUPR kota Payakumbuh dalam pembangunan infrastruktur yang lebih handak dan akuntabel. (relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -