26 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peran Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Sangat Diperlukan Dalam Pembentukan Karakter Anak
P

Kategori -
- Advertisement -

Kota Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Untuk membentuk karakter, dimulai dari usia dini, karena itu perlu peran dari guru dan tenaga kependidikan anak usia dini, dalam mendidik dan menanamkan karakter yang baik kepada anak didiknya.

“Guru mulai dari taman bermain sampai guru Taman Kanak-kanak, harus bisa menjadi tauladan sekaligus mengajarkan tentang etika dan pembentukan karakter siswa, sehingga karakter yang baik yang telah diterima sejak kecil ini, akan terus melekat sampai ia dewasa,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar, ketika memberikan sambutan pada acara Apresiasi GTK Paud (Guru ,Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) dan Dikmas (Pendidikan Masyarakat) berprestasi dan berdedikasi tahun 2019 tingkat Kota Pariaman, bertempat di ruang pertemuan RM Joyo Makmur, Senin (25/3/2019).

Genius Umar juga mengingatkan kepada para pendidik dan pengelola anak usia dini, agar bisa mengajarkan anak-anak untuk mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, dapat berbicara di depan rekan-rekanya.

“Anak-anak harus kita biasakan berbicara di depan umum, selain melatih kepercayaan dirinya, mereka juga mesti diajarkan mempunyai kepribadian yang islami,” tuturnya.

“Kepribadian dan karakter merupakan stabilizer atau penyeimbang dalam menerima setiap keadaan yan diterima anak didik, dengan keseimbangan ini, mereka dapat mengontrol dan memahami apa yang terbaik untuk mereka,” tukasnya lebih lanjut.

Walikota Pariaman ini juga menghimbau kepada para guru dan tenaga kependidikan anak usia dini, untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dalam membentuk karakter generasi kita kedepan yang lebih baik lagi.

“Kami berharap, apa yang bapak/ibu kerjakan dalam mendidik dan menciptakan generasi kita yang yang lebih baik, mendapat ganjaran pahala yang setimpal nantinya, dan dari kami pemerintah Kota Pariaman, akan memberikan apresiasi terhadap GTK Paud & Dikmas yang berprestasi dan berdedikasi, dimana yang terbaik nanti akan dikirim ketingkat provinsi dan sampai tingkat nasonal,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi mengatakan, acara ini akan diadakan selama 4 hari kedepan, dari tanggal 25-28 Maret 2019 mendatang, bertempat di ruang pertemuan Rumah Makan (RM) Joyo Makmur, By Pass, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

“Kita setiap tahun menggelar penilaian terhadap GTK Paud dan Dikmas Kota Pariaman, dimana yang terbaik nanti akan kita kirim ke tingkat Provinsi Sumbar, sampai tingkat Nasional,” ulasnya.

Acara ini diikuti oleh 60 GTK Paud dan Dikmas, yang nantinya akan kita pilih yang terbaik dari 1-3 dan kita beri reward dari pemerintah daerah. Tim juri yang akan menilai berasal dari Dinas Pendidikan, Dinas Akreditasi dan Dinas Paud Dan Dikmas, yang kesemuanya dari Provinsi Sumatera Barat, ungkapnya  mengakhiri.(pariamankota.go.id)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img