25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penumpang KA Padang-Pariaman Capai 800 Orang/Hari
P

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman – Sebanyak 800 orang setiap harinya menggunakan jasa transportasi kereta api tujuan Pariaman-Padang, Sumatera Barat (Sumbar), kata Kepala Stasiun (KS) Kereta Api Pariaman, Endra Jaya.

“Pada hari biasa normalnya 800 karcis habis terjual, namun puncak pengunjung yang menggunakan jasa kereta api itu pada hari libur,” katanya di Pariaman, Sabtu.

Ia menyebutkan, pada hari libur tersebut penjualan tiket kereta api bisa mencapai 1.400 dalam sehari. Bahkan pada hari libur, banyak para calon pengunjung yang tidak bisa mendapatkan tiket untuk ke Padang.

“Libur nasional pada umumnya pengunjung meningkat drastis, bahkan ada para wisatawan yang tidak mendapatkan tiket untuk balik ke Padang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kendati tiket kereta api mengalami perubahan sejak 1 April 2015 dari Rp2.500 menjadi Rp4.500 minat masyarakat tidak mengalami penurunan bahkan semakin meningkat.

“Pada umumnya calon penumpang itu adalah mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat umum,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyediakan fasilitas penunjang seperti ruang tunggu, televisi, parkir sepeda motor, dan kamar mandi agar pengguna jasa kereta api merasa nyaman.

Endra Jaya juga menyebutkan, budaya masyarakat sekitar dan calon penumpang sangat minim akan ketertiban dan kebersihan. Mereka calon pengunjung masih rendah akan kesadaran untuk tertib.

“Kami sudah sering mengadakan sosialisasi dan imbaun agar para calon pengunjung bisa tertib, namun reaksi masyarakat belum maksimal,” katanya.

Dede, salah seorang calon penumpang, mengaku sangat senang bisa menggunakan transportasi darat tersebut. “Kalau naik kereta api ongkos lebih irit, tidak ada macet, tidak ada pengamen, kita bisa beristirahat dengan santai,” kata dia.

Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Padang ini mengaku jika menggunakan kereta api bisa menghemat uang sakunya.

“Biasanya saya menggunakan sepeda motor ke Padang, biaya minyak motor saja Rp15.000, tapi kalau menggunakan kereta api hanya Rp4500 saja,” imbuhnya. (Ant/am)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img