24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pentingnya Peran Kader Dan Senam Dalam Pengendalian Hipertensi
P

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pengabdian masyarakat, Dosen Departemen Keperawatan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP Melakukan Kegiatan Penguatan Peran Kader Dan Senam Hipertensi dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Hipertensi

Program yang berjudul “Pencegahan Dan Pengendalian Hipertensi Melalui Penguatan Peran Kader Dan Senam Hipertensi Dalam Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Dengan Hipertensi Di Desa Pakasai Padusunan Kecamatan Pariaman timur Kota Pariaman” disambut antusias oleh warga setempat dan diikuti sebanyak lebih 50 orang warga dan 15 kader.

Kegiatan pengabdian ini salah satu bagian kegiatan Tridharma Dosen sebagai agent perubahan dalam masyarakat sebagai tindakan promotif dan preventif komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit degeneratif, terutama Hipertensi. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pengabdian yaitu Ns. Mariza Elvira, M.Kep beserta anggota yaitu Ns. Debby Sinthania, M.Kep, Ns. Debby Silvia Dewi, M.Kep dan Ns. Hilma Yessi, M.Kep.

“Pihak Puskesmas sangat berterima kasih karena dilaksanakannya program pengabdian masyarakat ini karena mereka merasa difasilitasi dalam melakukan penyuluhan kesehatan hipertensi kepada kader sehingga nantinya kader bisa memahami kondisi kesehatan masyarakat serta berperan maksimal nantinya dalam menangani kasus hipertensi”, ujar dr. Dewi Muslimah Pohan

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Keperawatan FPK UNP yaitu Ns. Mariza Elvira, M.Kep mengatakan sasaran pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat lansia, yang merupakan kelompok beresiko penyakit Hipertensi. Adapun kegiatan yang kami lakukan yaitu penguatan peran kader dan senam hipertensi melalui pendampingan dan pelatihan kader dengan berkolaborasi dengan dokter dari Puskesmas Padusunan, pemberian pendidikan kesehatan dan senam hipertensi khususnya bagi masyarakat yang menderita hipertensi.

Kegitan pengabdian ini bertujuan agar masyarakat mencapai derajat kesehatan yang optimal. Program ini diharapkan dapat meningkatkan UHH (Usia Harapan Hidup), merubah perilaku atau gaya hidup, meningkatnya derajat kesehatan, meminimalkan sekaligus mengurangi kambuhnya Hipertensi.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat juga mampu memanfaatkan momen ini untuk memeriksakan serta mendapatkan informasi terkait pentingnya menjaga kesehatan, dan memeriksakan kesehatan secara rutin. Semoga kedepannya semakin banyak program-program seperti ini lagi di tempat kami“ ujar Pak Syafrizal selaku Kepala Desa Pakasai Padusunan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img