23 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Pentingnya Akan Informasi Hak Anak, 4 Daerah Tingkat II Gelar Sosialisasi Bersama
P

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Undang-undang secara tegas menyatakan bahwa “Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga Dan Orang Tua atau Wali berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak”, ini disampaikan Bupati Lima Puluh Kota yang diwakili Sekretaris Daerah H.Taufik Hidayat,SE,MH pada Sosialisasi Informasi Layak Anak (ILA) bagi OPD Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang di Hotel Grand Malindo Bukittinggi, Rabu (03/05).

Hadir Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak pada Kementerian Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Drs. Darmawan ,M.Si beserta Kepala Bidang, Kepala DPPKBP3A, Kadis KOminfo, Kadis Arsip, Kakan Kemenag, OPD terkait Informasi Layak Anak dari Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang Dan Kabupaten Lima Puluh Kota).

Hak anak untuk mendapatkan informasi yang layak diatur secara spesifik dalam Konvensi Hak-hak Anak (KHA) pasal 17, akses tersebut perlu dipastikan bahwa informasi tersebut layak bagi anak, ucap H.Taufik Hidayat,SE,MH.

Hak sipil anak yaitu, “Nama dan kebangsaan, mempertahankan identitas, kebebasan berpendapat, kebebasan berfikir, berkesadaran (hati nurani) dan beragama, kebebasan berserikat dan berkumpul secara damai, perlindungan terhadap hal pribadi, akses terhadap Informasi yang layak anak dan perlindungan dari penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat”.

Kabupaten Lima Puluh Kota sudah disusun Kebijakan tentang Informasi Layak anak, Perda No 12 Tahun 2016 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, kabupaten Layak Anak ini terbentuk jika hak-hak anak sudah terpenuhi, kata H.Taufik Hidayat,SE,MH.

Sementara laporan panitia Kabid Perlindungan Anak DPPKB Yulia Masna,SKM melaporkan, peserta berasal dari 4 kabupaten/kota, Dinas PPPA Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dit Reskrim Polres, BKKBN, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, KPAID, Seketariat KPI Daerah, PT.Telkom, Organisasi Perempuan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Hak anak memeperoleh informasi, baik lisan dan tulisan tampa mengandung unsure pornografi, diskriminasi, pelecehan dan tidak menimbulkan reaksi pertentangan dengan nilai-nilai agama, social dan juga dapat diterima oleh kebanyakan anak.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,
- Advertisement -

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -