24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Masyarakat
P

Kategori -

Pendidikan adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa berkreasi dan menghasilkan sesuatu tanpa ada dasar pendidikan. Pendidikan tidak hanya bersifat formal, namun juga bisa bersifat informal. Sayangnya, yang terjadi saat ini adalah banyaknya kerancuan yang terjadi di dalam sistem pendidikan negara kita.            

Indonesia adalah negara dengan kualitas pendidikan yang masih jauh dari standar dunia, bahkan kalah oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam. Padahal, saat awal kemerdekaan, Indonesia banyak mengirimkan guru untuk Malaysia. Ironisnya, justru kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari terasa semakin menurun. Perubahan kurikulum yang menjadi rutinitas dan program kerja pemerintah seakan membuktikan jika pemerintah tidak memiliki visi untuk memajukan pendidikan di negeri ini

Salah satu persoalan penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang kita cintai ini adalah perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat, sebab sebuah bangsa yang ingin maju dan dapat bersaing dalam dunia global, harus mampu menyesuaikan pola pikir dan perilakunya sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk keperluan ini, pendidikan memegang peranan sangat penting.

di dunia ini ada lima hal yang sangat berperan dalam membentuk dan merubah pola pikir dan perilaku seseorang. Pertama, adalah orang tua, sebab orang tua adalah orang pertama dan utama dalam mendidik setiap orang ketika di masa kecilnya dan ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan selanjutnya.

Kedua adalah pendidikan sekolah atau madrasah. Seseorang menjadi pintar atau goblok sangat tergantung pada motivasi yang diberikan di sekolah. Tuhan memberikan umat manusia nikmat otak yang luar biasa, maka pihak sekolah berperan penting memotivasi otak tersebut, sehingga dapat mencerna semua persoalan yang dihadapinya.

Ketiga adalah sahabat atau kawan sepermainan, sebab manusia umur 8 s/d 15 tahun cenderung untuk mencontoh orang lain. seorang anak ikut merokok dan bahkan terjerumus narkotis adalah dikarenakan ingin mencontoh kawan sepergaulannya. Seorang yang rajin beribadah, biasanya berteman dengan orang yang rajin sholat.

Keempat, informasi yang diperolehnya. Seseorang yang mendapatkan informasi dari orang lain, apalagi dari yang biasa dilihatnya seperti di TV umpamanya, maka yang bersangkutan cenderung untuk mengikutinya, apalagi yang dilihatnya itu adalah bintang film atau artis yang menjadi idolanya.

Kelima, adalah diri sendiri, sebab diri sendiri sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Seorang yang selalu berfikir positif, maka dia akan melihat segala sesuatu secara mudah, indah, dan bermanfaat. Sebaliknya, orang yang selalu berfikir negative, maka segala sesuatunya dipandang salah dan bahkan menyesatkan.

Di dalam kehidupan masyarakat masih terdapat pemikiran bahwa pendidikan tidak terlalau penting bagi seorang wanita. Karena, sebagian masyarakat berpendapat bahwa suatu saat seorang wanita hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga sehingga pandangan masyarakat ini lah yang harus di hilangkan. Bukankah seorang wanita juga bisa berkarier? dan tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk sukses.

Sesungguhnya semakin baik akhlak dan semakin berpendidikan seseorang bukan kah itu semakin baik,seseorang yang berpendidikan mememang belum mementukan seseorang berakhlak dan berperilaku baik, tetapi yang berakhlak baik dan berperilaku baik pastilah seseorang yang berpendidikan. Pendidikan juga sangat di butuhkan untuk perkembangan suatu masyarakat, dan sangat berpengaruh dalam suatu masyarakat. Jika pendidikan suatu masyarakat baik maka akan memudahkan masyarakat tersebut bergerak maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Peran Pendidikan dalam perubahan sosia pendidikan dalam perubahan sosial masyarakat membuat masyarakat menjadi Berpikir Kritis dan inovatif, Mendorong sikap menghargai hasil karya seseorang, pemahaman atas keberadaan masyarakat yang heterogen. Pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat besar terhadap perubahan sosial, sebagaiman pengertian pendidikan Islam.

Dalam kehidupan sekarang pendidikan tampil dengan daya pengaruh yang sangat besar dan menjadi variabel pokok masa depan manusia. Perubahan dalam masyarakat memang telah ada sejak jaman dulu. Namun dewasa ini perubahan-perubahan tersebut berjalan dengan sangat cepat. Pembaharuan dalam masyarakat merupakan hasil dari pendidikan yang dilalui masyarakat yang melakukan pembaruan secara sadar maupun tidak sadar dalam lingkungan masyarakat.

Penulis: Dr. Hj. Demina, M.Pd., Firman, M.Pd.I., Putri Handayani, Rahmadani

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).
- Advertisement -

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.

Strategi Humas Yang Efektif Di Era Pandemi Covid 19

Hubungan masyarakat (public relation) adalah sebuah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh pihak baik individu, perusahaan, atau organisasi guna membangun suatu hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Pengaruh Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Konsep Manajemen

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata perencanaan berasal dari kata rencana yang berarti rancangan atau rangka dari sesuatu yang akan dilakukan atau dikerjakan pada masa yang akan datang. Perencanaan merupakan rancangan awal suatu kegiatan karena semata-mata untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mencapai keberhasilan. Jadi, perencanaan adalah suatu usaha untuk memilah pengetahuan, fakta, dan imajinasi untuk menghilangkan kesenjangan dengan melakukan perubahan untuk membawa masa depan kepada masa sekarang.

Guru Sebagai Pengarah Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan

Guru harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Kata ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri teladan bagi semua muridnya.

Pengaruh Lingkungan Pendidikan Dalam Perencanaan Kurikulum

endidikan merupakan salah satu aspek penentu bagi kemajuan bangsa, dengan pendidikan manusia dituntut untuk memperoleh kepandaian dan ilmu, sehingga akan mampu menguasai bidang yang dipelajari sesuai tujuan dari pelaksanaan pendidikan.

Tahun Berganti Musim Bertukar, Kenangan Itu Selalu Terbawa

Walau tahun berganti musim bertukar, kenangan masa lalu itu tidak gampang dilupakan. Apalagi masa kanak kanak sampai masa remaja. Dari awal kenal dunia pendidikan alias masuk sekolah sampai sudah beranak cucu memori itu akan selalu dikenang.

Kecanduan Game Online dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik

Game online adalah game yang terbaru yang mulai muncul di Indonesia. Seiring bertambahnya tahun pembaharuan game online ini semakin maju mulai dari fitur-fitur terbaru dan yang jumlah pemainya sangat beragam pula. Di era sekarang koneksi internet sangat mudah yang membuat semakin maraknya pengguna game online di Indonesia terutama di kota-kota.
- Advertisement -