32 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Masyarakat
P

Kategori -

Pendidikan adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa berkreasi dan menghasilkan sesuatu tanpa ada dasar pendidikan. Pendidikan tidak hanya bersifat formal, namun juga bisa bersifat informal. Sayangnya, yang terjadi saat ini adalah banyaknya kerancuan yang terjadi di dalam sistem pendidikan negara kita.            

Indonesia adalah negara dengan kualitas pendidikan yang masih jauh dari standar dunia, bahkan kalah oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam. Padahal, saat awal kemerdekaan, Indonesia banyak mengirimkan guru untuk Malaysia. Ironisnya, justru kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari terasa semakin menurun. Perubahan kurikulum yang menjadi rutinitas dan program kerja pemerintah seakan membuktikan jika pemerintah tidak memiliki visi untuk memajukan pendidikan di negeri ini

Salah satu persoalan penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang kita cintai ini adalah perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat, sebab sebuah bangsa yang ingin maju dan dapat bersaing dalam dunia global, harus mampu menyesuaikan pola pikir dan perilakunya sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk keperluan ini, pendidikan memegang peranan sangat penting.

di dunia ini ada lima hal yang sangat berperan dalam membentuk dan merubah pola pikir dan perilaku seseorang. Pertama, adalah orang tua, sebab orang tua adalah orang pertama dan utama dalam mendidik setiap orang ketika di masa kecilnya dan ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan selanjutnya.

Kedua adalah pendidikan sekolah atau madrasah. Seseorang menjadi pintar atau goblok sangat tergantung pada motivasi yang diberikan di sekolah. Tuhan memberikan umat manusia nikmat otak yang luar biasa, maka pihak sekolah berperan penting memotivasi otak tersebut, sehingga dapat mencerna semua persoalan yang dihadapinya.

Ketiga adalah sahabat atau kawan sepermainan, sebab manusia umur 8 s/d 15 tahun cenderung untuk mencontoh orang lain. seorang anak ikut merokok dan bahkan terjerumus narkotis adalah dikarenakan ingin mencontoh kawan sepergaulannya. Seorang yang rajin beribadah, biasanya berteman dengan orang yang rajin sholat.

Keempat, informasi yang diperolehnya. Seseorang yang mendapatkan informasi dari orang lain, apalagi dari yang biasa dilihatnya seperti di TV umpamanya, maka yang bersangkutan cenderung untuk mengikutinya, apalagi yang dilihatnya itu adalah bintang film atau artis yang menjadi idolanya.

Kelima, adalah diri sendiri, sebab diri sendiri sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Seorang yang selalu berfikir positif, maka dia akan melihat segala sesuatu secara mudah, indah, dan bermanfaat. Sebaliknya, orang yang selalu berfikir negative, maka segala sesuatunya dipandang salah dan bahkan menyesatkan.

Di dalam kehidupan masyarakat masih terdapat pemikiran bahwa pendidikan tidak terlalau penting bagi seorang wanita. Karena, sebagian masyarakat berpendapat bahwa suatu saat seorang wanita hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga sehingga pandangan masyarakat ini lah yang harus di hilangkan. Bukankah seorang wanita juga bisa berkarier? dan tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk sukses.

Sesungguhnya semakin baik akhlak dan semakin berpendidikan seseorang bukan kah itu semakin baik,seseorang yang berpendidikan mememang belum mementukan seseorang berakhlak dan berperilaku baik, tetapi yang berakhlak baik dan berperilaku baik pastilah seseorang yang berpendidikan. Pendidikan juga sangat di butuhkan untuk perkembangan suatu masyarakat, dan sangat berpengaruh dalam suatu masyarakat. Jika pendidikan suatu masyarakat baik maka akan memudahkan masyarakat tersebut bergerak maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Peran Pendidikan dalam perubahan sosia pendidikan dalam perubahan sosial masyarakat membuat masyarakat menjadi Berpikir Kritis dan inovatif, Mendorong sikap menghargai hasil karya seseorang, pemahaman atas keberadaan masyarakat yang heterogen. Pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat besar terhadap perubahan sosial, sebagaiman pengertian pendidikan Islam.

Dalam kehidupan sekarang pendidikan tampil dengan daya pengaruh yang sangat besar dan menjadi variabel pokok masa depan manusia. Perubahan dalam masyarakat memang telah ada sejak jaman dulu. Namun dewasa ini perubahan-perubahan tersebut berjalan dengan sangat cepat. Pembaharuan dalam masyarakat merupakan hasil dari pendidikan yang dilalui masyarakat yang melakukan pembaruan secara sadar maupun tidak sadar dalam lingkungan masyarakat.

Penulis: Dr. Hj. Demina, M.Pd., Firman, M.Pd.I., Putri Handayani, Rahmadani

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bukittinggi Dapat Bantuan Becak Sampah, Marfendi: Itu Pokir Anggota DPR RI Fraksi PKS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dalam mendukung penanganan sampah di Kota Bukittinggi, sejumlah pihak turut serta membantu agar kota dengan ikon Jam Gadan tersebut, bisa memaksimalkan...
- Advertisement -

Gerindra Bukittinggi Beri Bantuan Rp10 Juta kepada Pelajar yang Kuliah di Mesir

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kepedulian terhadap dunia pendidikan ditunjukkan Partai Gerindra Kota Bukittinggi, dengan memberi bantuan uang tunai Rp10 juta kepada mahasiswa yang melanjutkan pendidikan...

Goro Hingga Tengah Malam, Pemkot dan Masyarakat Telah Bersihkan Pasar Bawah yang Terbakar

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah berjibaku, Minggu (12/9/2021), hingga tengah malam bergotong royong (Goro) membersihkan sisa-sisa kebakaran di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, pasca kebakaran pada...
- Advertisement -

Ikut Prihatin Atas Kebakaran Pasar Bawah, Partai Gerindra Bantu 200 Nasi Bungkus

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kebakaran menghanguskan ratusan los tempat menjual berbagai macam kebutuhan harian di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari, telah menimbulkan...

Kembali Tinjau Pasar Bawah yang Terbakar, Marfendi: Hari ini Tumpukkan Sisa Kebakaran Diangkat Truk

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi, kembali meninjau Pasar Bawah, yang hangus terbakar pada Sabtu (11/9/2021), dini hari kemarin. Disela-sela peninjauannya, Rabu (15/9/2021),...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Manajemen Kesehatan Diri Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemik merupakan penyebaran luas (mendunia) penyakit baru yang disebabkan agen biologis. Pandemik memiliki beberapa karakteristik yaitu merupakan penyakit baru (paling sering: zoonosis, penyakit akibat virus), penyebaran tingkat global dan sebagian besar mayarakat tidak memiliki kekebalan tubuh.

Gorengan Politik

Pernah mencoba makan goreng pisang? Bagaimana, enak bukan? Apalagi dimakan saat hari hujan ditemani segelas kopi bersama kawan, sensasinya sungguh nikmat sekali. Momen indah, yang ingin terus terulang.

Yang Heboh Sudah Terbiasa Bikin Heboh

Tadi malam agak beda pula informasinya. Pemberitaan di salah satu media online menyebutkan KPK sedang OTT di Sumbar. Bahkan langsung mengarah kepada Pemprov Sumbar. “Bakalisiak” pula semua orang dibuatnya. Sehingga yang tenang jadi heboh.

Buya Mahyeldi Profesional Lantik Pejabat

Agaknya dua puluh empat jam gerak-gerik Buya Mahyeldi selalu di pantau. Diperhatikan betul, tak berkedip mata dibuatnya. Kebijakanya selalu di sorot dan di preteli satu persatu. Sepertinya terlalu berlebihan akan tetapi diambil saja sisi positifnya. Banyak yang perhatian kepada Buya Mahyeldi

Era Industri 4.0 Dikhawatirkan Menggerus Nilai-Nilai Kemanusiaan

Jakarta,BeritaSumbar.com. – Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami masalah yang serius. Dengan perubahan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (Iptek) yang sangat cepat dan kompleks.

Pemberdayaan PKK Dalam Meningkatkan Self Management Terkait Pandemik Covid-19 Di Jorong Bansa

Pandemik Covid 19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan baik dimensi bio, psiko, sosio, ekonomi, spiritual dan kultural. Infeksi virus SARS-CoV-2 (coronavirus) sebagai penyakit infeksi baru yang belum diketahui obatnya, menyerang secara tiba-tiba dengan penularan dan penyebaran progresif yang cepat mengakibatkan kecemasan dan ketakutan hampir diseluruh lapisan masyarakat.

Surat Untuk Pejabat Daerah Kabupaten Solok

Bismillahirrohmanirrahim. Dengan segala ketulusan ketulusan dan kecintaan kepada Kabupaten Solok, demi kesetiaan serta pengabdian kepada Ibu Pertiwi. Semuanya berlalu begitu saja tanpa rasa berdosa merayakan kemerdekaan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok 18 Agustus 2021.

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -