24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Masyarakat
P

Kategori -
- Advertisement -

Pendidikan adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa berkreasi dan menghasilkan sesuatu tanpa ada dasar pendidikan. Pendidikan tidak hanya bersifat formal, namun juga bisa bersifat informal. Sayangnya, yang terjadi saat ini adalah banyaknya kerancuan yang terjadi di dalam sistem pendidikan negara kita.            

Indonesia adalah negara dengan kualitas pendidikan yang masih jauh dari standar dunia, bahkan kalah oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam. Padahal, saat awal kemerdekaan, Indonesia banyak mengirimkan guru untuk Malaysia. Ironisnya, justru kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari terasa semakin menurun. Perubahan kurikulum yang menjadi rutinitas dan program kerja pemerintah seakan membuktikan jika pemerintah tidak memiliki visi untuk memajukan pendidikan di negeri ini

Salah satu persoalan penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang kita cintai ini adalah perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat, sebab sebuah bangsa yang ingin maju dan dapat bersaing dalam dunia global, harus mampu menyesuaikan pola pikir dan perilakunya sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk keperluan ini, pendidikan memegang peranan sangat penting.

di dunia ini ada lima hal yang sangat berperan dalam membentuk dan merubah pola pikir dan perilaku seseorang. Pertama, adalah orang tua, sebab orang tua adalah orang pertama dan utama dalam mendidik setiap orang ketika di masa kecilnya dan ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan selanjutnya.

Kedua adalah pendidikan sekolah atau madrasah. Seseorang menjadi pintar atau goblok sangat tergantung pada motivasi yang diberikan di sekolah. Tuhan memberikan umat manusia nikmat otak yang luar biasa, maka pihak sekolah berperan penting memotivasi otak tersebut, sehingga dapat mencerna semua persoalan yang dihadapinya.

Ketiga adalah sahabat atau kawan sepermainan, sebab manusia umur 8 s/d 15 tahun cenderung untuk mencontoh orang lain. seorang anak ikut merokok dan bahkan terjerumus narkotis adalah dikarenakan ingin mencontoh kawan sepergaulannya. Seorang yang rajin beribadah, biasanya berteman dengan orang yang rajin sholat.

Keempat, informasi yang diperolehnya. Seseorang yang mendapatkan informasi dari orang lain, apalagi dari yang biasa dilihatnya seperti di TV umpamanya, maka yang bersangkutan cenderung untuk mengikutinya, apalagi yang dilihatnya itu adalah bintang film atau artis yang menjadi idolanya.

Kelima, adalah diri sendiri, sebab diri sendiri sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Seorang yang selalu berfikir positif, maka dia akan melihat segala sesuatu secara mudah, indah, dan bermanfaat. Sebaliknya, orang yang selalu berfikir negative, maka segala sesuatunya dipandang salah dan bahkan menyesatkan.

Di dalam kehidupan masyarakat masih terdapat pemikiran bahwa pendidikan tidak terlalau penting bagi seorang wanita. Karena, sebagian masyarakat berpendapat bahwa suatu saat seorang wanita hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga sehingga pandangan masyarakat ini lah yang harus di hilangkan. Bukankah seorang wanita juga bisa berkarier? dan tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk sukses.

Sesungguhnya semakin baik akhlak dan semakin berpendidikan seseorang bukan kah itu semakin baik,seseorang yang berpendidikan mememang belum mementukan seseorang berakhlak dan berperilaku baik, tetapi yang berakhlak baik dan berperilaku baik pastilah seseorang yang berpendidikan. Pendidikan juga sangat di butuhkan untuk perkembangan suatu masyarakat, dan sangat berpengaruh dalam suatu masyarakat. Jika pendidikan suatu masyarakat baik maka akan memudahkan masyarakat tersebut bergerak maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Peran Pendidikan dalam perubahan sosia pendidikan dalam perubahan sosial masyarakat membuat masyarakat menjadi Berpikir Kritis dan inovatif, Mendorong sikap menghargai hasil karya seseorang, pemahaman atas keberadaan masyarakat yang heterogen. Pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat besar terhadap perubahan sosial, sebagaiman pengertian pendidikan Islam.

Dalam kehidupan sekarang pendidikan tampil dengan daya pengaruh yang sangat besar dan menjadi variabel pokok masa depan manusia. Perubahan dalam masyarakat memang telah ada sejak jaman dulu. Namun dewasa ini perubahan-perubahan tersebut berjalan dengan sangat cepat. Pembaharuan dalam masyarakat merupakan hasil dari pendidikan yang dilalui masyarakat yang melakukan pembaruan secara sadar maupun tidak sadar dalam lingkungan masyarakat.

Penulis: Dr. Hj. Demina, M.Pd., Firman, M.Pd.I., Putri Handayani, Rahmadani

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img