25 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemprov Sumbar Tegaskan Pulau Mego Milik Bengkulu
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menegaskan Pulau Mego bukan bagian dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Mardi menegaskan, Pulau Mego merupakan aset Provinsi Bengkulu, sesuai letak administrasif dan teritorialnya.

“Mego itu bukan milik Sumatra Barat. Kita dulu sudah minta Pemkab Mentawai untuk menyerahkan data pulau yang dimilikinya, data itu sekarang sudah di SK kan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Setelah kita lihat lagi, di data itu memang tidak tercantum Pulau Mego,” tuturnya di Padang, Jumat (5/6).

Menurut Mardi, munculnya dugaan Pulau Mego merupakan milik Sumbar, karena ada sejumlah masyarakatnya yang berasal dari Kepulauan Mentawai. “Di situ (Pulau Mego) ada warga Mentawai yang tinggal. Maka mereka mungkin ingin pulau itu dijadikan milik Mentawai,” ujarnya.

Mardi menghimbau, pihak-pihak terkait untuk tidak membesar-besarkan dugaan yang menyatakan Pulau Mego milik Sumbar. Sebab, dia mengatakan, dikhawatirkan akan memicu konflik antardua daerah.

Sebelumnya, Komisi II DPRD Sumbar, ketika melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Mentawai beberapa hari lalu mendapatkan informasi dari Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Rijel Samaloisa beserta sejumlah tokoh masyarakat, Pulau Mego merupakan pulau yang masuk dalam teritorial Sumbar. Pulau itu disebut-sebut memiliki potensi minyak bumi dan uranium dengan nilai triliunan rupiah.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai meminta Komisi II DPRD Sumbar agar mendorong Gubernur Sumbar supaya ikut campur tangan mengurus keberadaan pulau yang telah diserobot Provinsi Bengkulu dimaksud. Pulau Mego dikabarkan memiliki kandungan minyak bumi dan uranium dengan nilai triliunan rupiah. Namun Pemprov Sumbar tetap meyakini, Pulau Mego milik Provinsi Bengkulu karena letaknya berada di Kabupaten Muko-Muko.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img