31 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Pemprov Jawa Tengah Pelajari Kualitas Udara Bersih Ke Pemko Padang
P

Kategori -

Padang – Sukses dalam kebijakan dan komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Padang terkait kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) dan Penghargaan Kota Langit Biru yang diraih dua tahun berturut-turut, menyebabkan kota ini tengah dikunjungi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Rombongan Pemprov Jateng yang terdiri dari beberapa Staf Ahli Gubernur ini, disambut dalam diskusi bersama Walikota Padang yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi, Ir H Corri Saidan. Turut hadir, beberapa pimpinan SKPD Pemko Padang, Kepala Bapedalda, Edi Hasymi, Kepala Dishubkominfo, Rudi Rinaldi, Kepala Dispenakbunhut, Heryanto Rustam, dan seluruh Staf Ahli. Bertempat di Aula Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Rabu (1/4).

Mewakili rombongan, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemprov Jateng, Taufik Hidayat, menyampaikan, adapun tujuan rombongan Pemprov Jateng ke Pemko Padang dilatar belakangi atas keberhasilan Kota Padang dengan mendapat penghargaan sebagai kota langit biru dalam dua tahun berturut-turut. Yakni, pada tahun 2013 dan 2014 yang diterima dari Tim Kementerian Lingkungan Hidup RI baru-baru ini.

“Oleh karena itu, suksesnya Kota Padang dengan terbebas dari pencemaran udara dan kualitas udaranya yang bersih perlu kita ketahui. Sejauh mana dari awal pelaksanaan serta kebijakan yang diterapkan di sini,” terang Taufik sewaktu diwawancarai.

Di samping itu, lanjut Taufik, setelah mengetahui langkah-langkah dan kebijakan yang dilakukan Pemko Padang, ia berencana akan menyampaikan kepada gubernur untuk menerapkan pola yang sama di Jawa Tengah. Seperti misalnya, dari 35 kabupaten/kota yang ada, akan mencoba menerapkan di kota yang memiliki persamaan dengan Kota padang seperti Surakarta.

“Jadi, kami telah mengetahui kualitas udara Padang yang memang sangat baik. Dengan 51 persen kawasannya merupakan hutan lindung dan selebihnya budidaya salah saktu faktor pendukungnya. Selain itu, jumlah penduduk yang hanya satu juta lebih juga menjadi faktor kunci di samping kebijakan yang diperkuat oleh perwako tentang pengendalian pencemaran udara. Dibanding di Jateng, penduduk yang mencapai 35 juta jiwa, ditambah transportasi kendaraan yang padat menjadi faktor permasalahan selama ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bapedalda Kota Padang, Edy Hasymi menjelaskan, perihal suksesnya Kota Padang meraih kota langit biru dua tahun berturut-turut dikarenakan, alhasil Pemko Padang melalui Bapedalda dalam menjalankan visi dan misi Bapedalda yang juga diperkuat oleh beberapa perwako.

“Alhamdulillah, kita telah berhasil mewujudkan perbaikan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup yang ada di Kota Padang. ini tidak lepas dengan kebijakan dan langkah-langkah yang dilakukan selama ini. Sehingga, seluruh pihak baik SKPD terkait bersama masyarakat mampu menjaga kondisi udara bersih yang merupakan kebutuhan dan kebanggaan kita bersama,” ungkap Edi Hasymi.

Selain itu, lanjut Edi, dalam menjaga kualitas udara bersih, pihaknya juga terus mengupayakan pengembangan kapasitas kelembagaan dan kualitas SDM bidang lingkungan hidup di Kota Padang. kemudian, juga melakukan EKUP yang bermanfaat menjadi acuan untuk lebih meningkatkan kualitas udara perkotaan.

“Setelah menerima penilaian fisik dan non fisik oleh Tim KLH RI dengan melakukan uji emisi, pemantauan kinerja lalu lintas dan kualitas udara, memang menyatakan Kota Padang termasuk dari beberapa kota besar di Indonesia dengan kualitas udara terbersih. Untuk itu, kami berharap, semoga Kota Padang terus menjaga eksistensinya, sehingga juga dapat ditiru kota lainnya di Indonesia,” tutup Edi hasymi . (david/charlie)

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.
- Advertisement -

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -