24.7 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Pemkot Pariaman Sarankan Sekolah Miliki Taman Belajar
P

Kategori -

Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menyarankan seluruh sekolah pada semua tingkatan pendidikan untuk membentuk taman belajar siswa, guna menyeimbangkan atmosfir Proses Belajar Mengajar (PBM) di ruangan kelas dengan lingkungan.

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar, di Pariaman, Selasa, mengemukakan selama ini para siswa monoton belajar di dalam ruangan kelas sehingga menjenuhkan, dan pelajaran akan sulit masuk ketika otak sudah jenuh.

Karena itu setiap sekolah sudah seharusnya memiliki taman belajar siswa, karena belajar tidak hanya harus di ruangan kelas, tapi juga bisa di alam terbuka.

“Makanya kita mengimbau pihak sekolah untuk membentuk taman belajar sekaligus untuk bermain, agar anak didik tidak merasa jenuh dengan aktivitas belajar yang padat dari pagi hingga sore hari,” kata dia.

Menurutnya, sekolah seharusnya seperti ‘taman’ tempat yang menyenangkan, dan peserta didik merasa nyaman di sekolah. Jika sudah tercipta suasana demikian maka siswa akan merasa tenang dan betah dalam setiap proses belajar mengajar.

“Kita harus bisa menerapkan prinsip belajar ‘happy’ senang dan bahagia agar anak didik merasa tidak tertekan dalam belajar,” ujarnya.

Kenyamanan dalam lingkungan sekolah sangat mempengaruhi komunikasi semua pihak, maka dengan adanya taman belajar diharapkan anak didik tidak ada lagi yang merasa memiliki jarak antara satu sama lain baik dengan guru, maupun teman sebaya.

“Kebanyakan siswa merasa takut berkomunikasi dengan guru dan dari keadaan itu kita harus mengerti situasinya,” katanya.

Kemudian para guru harus mengerti dengan psikologis siswa, karena tidak semua siswa memiliki mental yang kuat ketika berkomunikasi dengan guru. Maka di taman belajar ini, guru yang harus proaktif mendekati siswa untuk berkomunikasi.

Sementara itu, salah seorang guru SMPN 2 Pariaman, Sri Yeniwati menyambut baik ide pembentukan taman belajar di setiap sekolah, karena akan memudahkan proses transfer ilmu dari tenaga pengajar kepada siswa.

Selama ini, kata dia, meskipun belum ada taman bermain namun ia selalu melakukan pendekatan dengan para siswa untuk menjalin keakraban.

“Guru memang tidak boleh ada jarak dengan murid, jika ada siswa yang merasa takut berkomunikasi dengan guru, maka guru tersebut ‘gagal’ dalam mendidik,” ujarnya.

Menurutnya guru yang baik adalah guru yang mengerti keadaan siswa, namun disayangkannya tidak semua guru mengerti keadaaan itu. (Altas Maulana/Ant)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -