25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Rangkul Perbankan Untuk Bina UMKM
P

Kategori -

Persoalan modal masih menjadi problema bagi  pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya di Payakumbuh. Untuk menyehatkan usaha UMKM itu,  Pemko Payakumbuh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan (Koperindag) menggelar acara temu mitra di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (12/3).

Gelar acara dari program kemitraan dan bina usaha itu, menghadirkan sejumlah perbankan dan BUMN yang ada di Sumatera Barat. Sebanyak 40 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di kota ini ikut serta dalam pertemuan itu. Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis yang membuka temu mitra itu berharap, agar jajaran perbankan dan BUMN punya tanggung jawab moral menyehatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, dengan menyalurkan dana CSR buat bantuan modal.

Menurut Benni,  pelaku usaha mikro dan kecil akan  menjadi  menengah dan besar,  jika  seluruh perbankan dan BUMN ikut membina pelaku usaha mikro dan kecil itu. Di antaranya, selain melakukan pendampingan usaha, tapi ikut memberikan dana CSR untuk penguat modal usaha. “Jika usaha mikro dan kecil sudah sehat, maka pertumbuhan  ekonomi daerah  juga akan lebih kuat, dan dampaknya adalah kesejahteraan masyarakat,” tegas Benni.

Dikatakan, program yang diluncurkan pemerintah sudah cukup baik, dengan memberikam KUR untuk pelaku usaha mikro, tanpa agunan. Tapi, kenyataan di lapangan, masih ada di antara bank belum secara total menyalurkan KUR. Di bagian lain, pelaku usaha juga masih ada yang tak disiplin mengembalikan pinjaman yang diberikan. Sehingga, menjadi pinjaman macet yang jumlahnya lumayan besar.

Karena itu, pemerintah meluncurkan program alternatif dengan membuka akses ke dana CSR (coorporate social responsibility) BUMN yang ada di Sumatera Barat. Program ini juga dikenal dengan PKNL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang dimiliki oleh seluruh BUMN di Indonesia. Harapan sekdako, kehidupan UMKM di Payakumbuh akan semakin sehat, agar pertumbuhan  usaha mikro dan kecil di Payakumbuh semakin sehat dan kuat.

Data di Dinas Koperindag, perkembangan UMKM di  Payakumbuh pada beberapa tahun terakhir, tercatat  14.529 usaha mikro, 5.075 usaha kecil, dan hanya 202 pelaku usaha  yang tergolong usaha menengah dan besar.  Jika seluruh perbankan dan BUMN ikut membina pelaku bisnis ini, bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi Payakumbuh akan mencapai 7 sampai 8%, sebut sekdako.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Dinas Koperindag diwakili  Sekretaris Dinas Koperindag, Yunida Fatwa,  temu mitra sehari itu menghadirkan pemateri Usman (PT. POS Indonesia), Afri Erizon (PT. Angkasa Pura II Cab. BIM Padang) dan Drs. H. Syamsurianis (PT. Semen Padang).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.

30 Guru Madrasah Padang Panjang Ikuti PDWK

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi perwakilan dari BDK Padang Emi Arbi, Pengawas Madrasah Agus Nasution, dan Kepala MAN 3 Padang Panjang Dariman membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) dengan tema Pelatihan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS tanggal 20 s.d 25 September 2021 di MAN 3 Padang Panjang, Senin (20/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -