24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh
P

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan diikuti oleh Kepala Sekolah SMP se Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan secara umum kita sudah paham apa itu Covid 19 dan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai pandemi ini. Namun terhitung mulai januari 2021, Kota Payakumbuh sudah melakukan pembelajaran tatap muka, dan kita ingin anak-anak kita aman dan nyaman dalam memulai pembelajarannya kembali. Lingkungan sekolah adalah tempat yang akan dituju oleh anak-anak kita setiap harinya sehingga kita harus membentengi mereka dengan mengadakan program sekolah tangguh agar anak-anak kita bisa paham bagaimana menjaga diri mereka masing-masing maupun keluarga dalam menghadapi situasi pandemi ini.

“Protokol kesehatan itu kita sudah paham. Yang perlu kita awasi yaitu anak didik kita. Anak didik kita jangan sampai lupa kalau kita masih dalam status siaga. Untuk itu kita ingin menghidupkan kembali dan memberdayakan kembali Palang Merah Remaja (PMR ) dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Mereka yang tergabung di PMR dan UKS kita jadikan satgas sekolah. Tujuannya mereka kita berikan ilmu dan nanti mereka memberikan informasi kepada teman-temannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, “ujar Erwin.

Ditambahkan Erwin, Saat pembelajaran tatap muka anak-anak kita harus kita ingatkan terus, karena mereka akan berkumpul dengan teman-temannya dan apabila mereka lupa menerapkan protokol kesehatan ini bisa menjadi OTG dan bisa menularkan ke orang tua dan lansia. Tujuannya kita berbagi ilmu dengan anak-anak kita dan berlakukan satgas internal di sekolah dengan tujuan menjadi contoh bagi teman-temannya.

Diakhir sambutannya Erwin berharap, dengan adanya satgas internal sekolah tangguh mereka bisa mengingatkan teman-teman dan lingkungan sekitar.
Kalau anak-anak sudah terbiasa di sekolah, nantik mereka terbiasa dan membawa kebiasaan itu di rumah dan lingkungannya sehingga secara tidak langsung memutus mata rantai covid 1 di kota Payakumbuh pungkas Erwin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Azwardi menjelaskan bahwa konsep sekolah tangguh yang disiapkan oleh Pemko Payakumbuh di dunia pendidikan antaranya protokol kesehatan umum sekolah, protokol kesehatan sarana dan prasarana sekolah, serta protokol kesehatan berangkat dari rumah menuju sekolah.

“Kita sudah menyiapkan semua sekolah di Kota Payakumbuh untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar penularan Covid-19 terputus,” Ujar Azwardi

Selain itu tak kalah pentingnya yakni pemberlakuan protokol kesehatan selama siswa di sekolah, protokol kesehatan untuk guru dan tenaga pendidikan maupun protokol kesehatan pulang dari sekolah ke rumah.

“Jadi penerapan protokol kesehatan itu dilaksanakan saat hendak ke sekolah, saat berada di sekolah, hingga nanti pulang sekolah. Jadi semua ada ketentuan yang harus dipatuhi,” terang Azwardi

Ditambahkan, untuk persiapan pembukaan kembali fasilitas pendidikan, pemerintah melakukan program sekolah tangguh dimana prinsip yang utama yakni keselamatan anak menjadi prioritas, pungkasnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -