32 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Pacu Kehadiran Akademi Teknik Tirta di Payakumbuh
P

Kategori -
- Advertisement -

Rencana pendirian Akademi Teknik Tirta di Payakumbuh makin menampakkan langkah maju. Pemko gandeng  Yayasan Pendidikan Payakumbuh untuk melakukan percepatan hadirnya akademi dimaksud, agar pada tahun akademik 2014/2015 bisa menerima mahasiswa baru. Sejalan dengan itu, Wakil Ketua Yayasan Tirta Darma Pusat,  Kumala Siregar dan  Direktur Akademi  Teknik Tirta  Wiyata Magelang,  Awaluddin Setya Aji, ST, M.Eng, IPM, berkunjung ke kota ini, Senin (24/3), untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama PDAM dengan Yayasan Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang.

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, saat menerima Wakil Ketua Yayasan Tirta Darma Pusat,  Kumala Siregar dan  Direktur Akademi  Teknik Tirta  Wiyata Magelang,  Awaluddin Setya Aji, meminta Asisten I Bidang Pemerintahan Yoherman dan Direktur PDAM Payakumbuh Faisal Mustafa serta dua Staf Ahli Walikota Edvianus dan Hendri Refdinal,  untuk memfasilitasi  pendirian perguruan tinggi  Tirta itu.

 

Dalam  acara duduk semeja, mempertemukan Direktur Akademi  Teknik Tirta  Wiyata Magelang,  Awaluddin Setya Aji, Wakil Ketua Yayasan Tirta Darma Pusat,  Kumala Siregar dengan pengurus Yayasan Pendidikan Payakumbuh (YPP), terjadi dialog yang positif, untuk mencari solusi yang tepat, bagaimana mempercepat perguruan tinggi dimaksud.

 

Ada tiga opsi yang akan dipilih, apakah memungkinkan terjadinya  kerjasama dua  yayasan antara YPP Payakumuh dengan Yayasan Tirta Darma Pusat, di bawah naungan Perpamsi.  Atau kemungkinan di bawah perguruan Direktur Akademi  Teknik Tirta  Wiyata Magelang atau berdiri sendiri di bawah Yayasan Tirta Darma Pusat. Tapi, sprit Pemko dalam menghadirkan perguruan tinggi ini sangat diapresiasi Perpamsi Pusat, ungkap Kumala Siregar.

 

Menurut Kumala Siregar,  hadirnya Akademi Tirta di Payakumbuh, akan sangat membantu  PDAM seluruh Indonesia, dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas untuk mengelola PDAM di kabupaten dan kota diseluruh Tanah Air. Karena di Indonesia, akademi tirta ini baru ada satu di Magelang. “Jika di Payakumbuh sudah ada, kita akan merekomendasikan bisa menampung calon mahasiswa yang berada di Indonesia bagian barat,” kata Kumala

 

Menurut Asisten I Setdako Yoherman,  dalam pertemuan segitiga itu, disepakati, pihak Yayasan Pendidikan Payakumbuh akan melakukan rapat koordinasi dengan  Yayasan Tirta Darma Pusat, di Jakarta. “Kita berharap,  usai Pemilu nanti,  sudah diperoleh keputusan final, di bawah yayasan apa Akademi Tirta  Payakumbuh ini bernaung,” ungkap Yoherman.

 

Pemko Payakumbuh sendiri, dikatakan, sudah memiliki alternatif kampus dan ruang belajar  buat akademi ini. Di antaranya, gedung SDN Limbukan yang sekarang ini dimanfaatkan pelajar SMAN 5 Payakumbuh.  Di sekolah ini, juga telah dilengkapi  aula yang yang cukup luas. Kemudian, juga ada bangunan STTP sendiri di Sawah Padang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img