29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Gandeng BAZ Bantu Insentif Guru TPA dan Garin Masjid
P

Kategori -
- Advertisement -

Guru TPA/MDA dan garin masjid tidak lagi menerima insentif dari Pemko Payakumbuh, sejak semester II tahun anggaran 2013. Solusinya, tahun ini pemko menggandeng Badan Amil Zakat (BAZ) kota setempat, untuk membantu  410 guru TPA/MDA dan garin masjid tersebut.  BAZ menyiapkan dana sebesar Rp205.000.000 untuk  itu.

Walikota Riza Falepi  bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Salman, MM dan Ketua BAZ H. Mismardi, BA,  menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis,  dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (3/2).

Setiap guru TPA/MDA dan garin masjid kebagian insentif Rp500.000. Penyerahannya dilakukan dua tahap, masing-masing Rp250.000.  Bantuan tahap kedua, dijadwalkan Juni mendatang, bersamaan dengan tahun ajaran baru. Belum diperoleh penjelasan, apakah BAZ akan mengalokasikan dana ini tiap tahun buat insentif guru TPA/MDA dan garin masjid.

“Kita belum bisa memastikannya, dan juga belum membicarakannya dengan pengurus BAZ,  jelas Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Yonrefli, S.Sos, seusai acara penyerahan bantuan.

Sejak 2004, Pemko mengalokasikan dana untuk insentif guru TPA/MDA dan garin masjid dalam APBD Payakumbuh. Tapi, sejak semester II tahun anggaran 2013, dana yang sudah tersedia itu tak bisa lagi dikucurkan, tersangkut peraturan keuangan.  Walau begitu, Pemko akan tetap berusaha mencari solusi yang tepat,  untuk  memberikan insentif dimaksud.  “Kita akan mencari payung hukum yang pas untuk itu, agar tak menyalahi aturan keuangan, sebut Walikota.

Menurut Pemko, guru TPA/MDA dan garin masjid adalah orang yang berjasa dalam mewujudkan visi Pemko Payakumbuh, menjadikan daerah  ini sebagai kota yang relegius. Karena itu, Pemko bersama DPRD punya komitmen tinggi membantu kesejahteraan guru TPA/MDA dan garin masjid. Makanya,  regulasi yang tepat terus dilakukan Pemko, sebutnya.

Ketua BAZ Payakumbuh Mismardi,  menjelaskan,  bantun  BAZ  buat guru TPA/MDA sudah melalui  musyawarah mufakat pengurus  dengan Walikota dan Kakan Kemenag serta sesuai dengan ketentuan agama. Bantuan tahap pertama sebesar Rp102.500.000,  masing-masing buat  281 guru TPA/TPSA,  48 orang guru MDA dan 81 garin masjid.

Walikota Riza dan Ketua BAZ Mismardi, mengajak, seluruh guru TPA, MDA, penyuluh agama  dan garin masjid, tetap meningkatkan semangatnya  dalam memberikan pengabdiannya di tengah masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img