24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Pemimpin Negara Afrika Timur Bahas Kemelut Burundi
P

Kategori -

Dar es Salaam – Pemimpin Afrika Timur, Rabu, mengadakan pertemuan puncak darurat guna menengahi kesepakatan untuk mengakhiri kekerasan di Burundi akibat keputusan bermasalah Presiden Pierre Nkurunziza, yang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Menteri luar negeri dari lima negara Masyarakat Afrika Timur (EAC), yaitu Kenya, Rwanda, Tanzania, Uganda, serta Burundi, bertemu di kota Dar es Salaam, Tanzania, Selasa, kata Menteri Luar Negeri Kenya Amina Mohamed pada Rabu.

Lebih dari 20 orang tewas dan puluhan luka-luka sejak akhir April, ketika partai berkuasa di Burundi mencalonkan Presiden Pierre Nkurunziza untuk mewakili partai itu dalam pemilihan presiden 26 Juni mendatang, yang kemudian memicu unjuk rasa.

Jawatan kepresidenan Burundi, Rabu pagi, memastikan bahwa Presiden Nkurunziza dalam perjalanan ke Dar es Salaam.

Nkurunziza, mantan pemimpin pemberontak dari mayoritas Hutu yang telah berkuasa sejak tahun 2005, hadir akibat tekanan internasional agar menarik diri dan mundur dari pemilu bulan depan.

Bentrokan antara pasukan keamanan dan demonstran telah menimbulkan kekhawatiran akan munculnya kekerasan di Afrika tengah, yang belum pulih dari 13 tahun perang saudara yang berakhir pada 2006.

Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila, Wakil Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan utusan diplomat tinggi Amerika Serikat untuk Afrika Linda Thomas-Greenfield juga diharapkan menghadiri KTT.

Lebih dari 50.000 warga Burundi mengungsi ke negara tetangga, seperti, Rwanda, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo, sejak konflik mengemuka.

Kelompok oposisi bersikeras bahwa keputusan Presiden Nkurunziza inkonstitusional karena mencalonkan sebagai pemimpin selama lebih dari dua periode.

Sebelumnya, Selasa, polisi di Bujumbura menembaki demonstran dengan tujuan menghalau kerumunan yang ingin menyerang rumah seorang perwira polisi.

Pengunjuk rasa kembali berada di jalan-jalan pada Rabu pagi di Bujumbura, memblokir jalan dan meneriakkan slogan-slogan antipemerintah.

Uni Eropa dan Amerika Serikat, Senin, menyerukan penundaan pemilu, di mana posisi kedua pihak tersebut berperan sebagai penentang utama Nkurunziza.

Kepala Komisi Uni Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma pekan lalu memperingatkan bahwa situasi sedang tidak tepat untuk pemilu, dan menegaskan tidak boleh ada kepemimpinan periode ketiga.

Pasukan keamanan Burundi telah membersihkan barikade di jalan utama, jalan-jalan di daerah oposisi masih diblokir dan dijaga oleh pengunjuk rasa. (*)

 

Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih Dari 2.500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini.

Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 27 sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini. Sarkofagus yang sudah...

Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki, BMKG Analisa Gempa Tektonik

Turki,  www.beritasumbar.com- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Provinsi Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Hanya saja badan bencana Pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9 poin dari...

Berdalih Karantina COVID-19, Migran Afrika Dibiarkan ‘Membusuk’ di Pusat Penahanan Arab Saudi

Salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi, menahan ratusan bahkan ribuan Migran Afrika dalam kondisi mengenaskan. Penahanan ini berdalih sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Mirisnya, kondisinya...

New Normal, 71 Putra Terbaik dari Berbagai Negara Diwisuda di Yaman

Wisuda atau upacara pengukuhan bagi orang-orang yang menempuh pendidikan merupakan salah satu momentum terpenting yang dinanti-nanti mahasiswa, sebagai tanda resmi selesainya masa pendidikan di...

Bahas Potensi Laut, Universitas Terengganu Malaysia Undang Pakar Maritim Dan Kelautan IPB

Malaysia -Prof Rokhmin Dahuri Pakar Maritim dan Kelautan dari IPB diundang secara khusus oleh Universitas Terengganu Malaysia. Rokhimin Dahuri diundang untuk membahas secara detail...

Muhammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Indonesia pantas berbangga dengan lahirnya ilmuwan muda yang berhasil menggoncangkan dunia lewat penemuannya yang spektakuler yakni, Obat Kulit Bagi Manusia dan Hewan Luar dan Dalam. Sang...

Catatan Professional Fellows on Demand: Religious Freedom & Interfaith Dialogue (1)

Dari sebuah sudut di kamar The Fairfax, sebuah hotel tua di Washington, DC yang berdiri sejak 1921, saya mendapatkan satu kalimat bagus, yang bunyinya...

5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Jumat (07/02) kemarin, SMART Ekselensia Indonesia (SMART) kedatangan tamu jauh dari seberang benua. Ya, lima orang tokoh muslim muda dari Australia berkunjung ke SMART....
- Advertisement -