24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Tahapan Pilkada di Sumbar Terganggu Kesiapan Anggaran
T

Kategori -

Padang – Anggaran Pemilu kepala daerah serentak di Sumatera Barat (Sumbar) yang belum bisa dicairkan, sudah mulai mengganggu tahapan pelaksanaan Pemilu di daerah itu, terutama untuk pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) dan Panitia Pemungutan Suara(PPS).

“Sekarang, tahapan pembentukan PPK dan PPS di salah satu daerah, yaitu Mentawai, tergantung karena tidak memiliki anggaran. Ini bisa mengganggu pelaksanaan Pemilu,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Sumbar, Amnasmen saat penandatanganan kesepahaman penyelenggaraan dan anggaran Pemilu kepala daerah di aula gubernuran Sumbar, Rabu.

Menurutnya, KPU Mentawai telah melaporkan kebutuhan anggaran sebesar Rp120 juta. Tetapi karena anggaran memang belum bisa dicairkan, maka proses pembentukan PPK dan PPS itu harus dihentikan sementara sampai ada anggaran.

“Mentawai adalah satu dari enam daerah yang tidak ikut melaksanakan Pemilu kepala daerah serentak di Sumbar, karena itu anggaran pelaksanaan Pemilu di sana sepenuhnya tergantung pada anggaran dari APBD Sumbar,” kata Amnasmen.

Dia mengatakan, persoalan yang sama dihadapi pula oleh lima kabupaten dan kota lain yang tidak ikut menggelar Pemilu kepala daerah serentak pada 2015.

Meski demikian, dia optimis dengan penandatanganan kesepahaman pelaksanaan dan anggaran Pemilu kepala daerah dengan Pemprov Sumbar, pemerintah kabupaten dan kota, persoalan anggaran itu akan segera dapat ditanggulangi.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Pemprov Sumbar telah berkomitmen untuk melaksanakan Pemilu serentak pada 9 Desember 2015, termasuk dengan konsekuensi anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya.

“Permendagri Nomor 44 tahun 2015 sudah jelas-jelas mengatakan bahwa Pemilu Gubernur dibiayai oleh APBD Provinsi, Pemilu Bupati dan Wali kota dibiayai oleh APBD daerah masing-masing. Dasar hukumnya sudah jelas, karena itu kami akan menganggarkan,” katanya.

Meski demikian, dia meminta KPU rasional dalam mengusulkan anggaran yang diperlukan.

“Jangan sampai nanti banyak berlebih kemudian kembali ke kas daerah, karena anggaran yang berlebih itu sebenarnya bisa untuk melaksanakan kegiatan pembangunan lain yang juga sangat penting,” katanya.

Dia mengatakan, untuk besaran anggaran Pemilu serentak di Sumbar, belum disepakati jumlah pasti antara Pemprov Sumbar dan KPU.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa selesai dan anggaran benar-benar sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Sebelumnya, KPU Sumbar mengusulkan anggaran sebesar Rp168 miliar untuk pelaksanaan Pemilu kepala daerah serentak di Sumbar Desember 2015.

Anggaran yang telah disetujui dalam APBD Sumbar 2015 sebesar Rp45 miliar.

Acara penandatanganan kesepahaman itu juga ikut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sumbar dan anggota Panwaslu kabupaten dan kota di Sumbar.

 

Sumber: Antara/Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -